Pengertian Dan Jenis-Jenis Perusahaan

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
I. Pengertian Perusahaan
Adalah suatu unit kegiatan yang melaksanakan kegiatan pengolahan kegiatan pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melaksanakan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk memakai dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
II. Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Pemilihan tempat dan letak perusahaan, factor penting untuk menjamin tercapainya: 
  • Tujuan perusahaan 
  • Efisiensi perusahaan 
  • Daerah pemasaran produk 
  • Pindah tempat : tidak hemat dan peraturan pemerintah 
2.1. Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor sentra perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran relasi dengan forum lainnya.
2.2. Letak Prusahaan
Adalah tempat perusahaan melaksanakan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
2.3. Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu : 
Terikat pada alam 
Pada umumnya sebab tersediaan dan kemudahan materi baku.
Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi. 
Terikat sejarah 
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu sebab hanya sanggup di jelaskan menurut sejarah.
Contoh : Perusahaan batik, pekalongan. 
Ditetapkan oleh pemerintah 
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya sanggup ditekan serendah mungkin. 
Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi 

Yang bersifat industri ialah : ketersediaan materi mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.

III. Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan ialah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga memiliki tujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya dedikasi kepada masyarakat.
3.1. Tujuan Pendirian Perusahaan
Di badakan menjadi 2, yaitu : 
Tujuan ekonomis 
  • Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, cita-cita konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif). 
Tujuan social 
  • Perusahaan memperhatikan cita-cita investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
  • Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada cita-cita konsumen ataupun pelanggan.
3.2. Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
System ialah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara pribadi maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan ialah suatu system sebab merupakan kombinasi dari banyak sekali sumber ekonomi yang secara pribadi atau tidak pribadi mensugesti proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social.
  • Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
  • Kepad forum peneliti => membantu pendanaan.
  • Kepada pekerja => membayar honor dan memenuhi kemudahan kerja.
  • Kepada konsumen => menyediakan B&J yang bagus.
  • Kepada pemerintah => membayar pajak.
3.3. Sifat Sistem Perusahaan 
Ada beberapa sifat : 
  • Kompleks 
  • Sebagai suatu kesatuan / unit. 
  • Sifatnya beragam. 
  • Saling tergantung. 
  • Dinamis 
3.4. Fungsi-fungsi Perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi operasi Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
Fungsi manajemen Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.

Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.

3.5. Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan gampang dikendali.
Cirri umumnya : 
  • Operatif Adanya kegiatan ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa. 
  • Koordinatif Diperlukan koordinasi semua pihak biar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan. 
  • Regular Untuk mencapai kesinambungan perusahaan dibutuhkan keteraturan yang sanggup mendukung kegiatan biar sanggup selalu bergerak maju. 
  • Dinamis Lingkungan selalu berubah oleh sebab itu bisa mengikuti dan beradaptasi terhadap perubahan. 
  • Formal Tunduk kepada peraturan yang berlaku sesudah memenuhi persyaratan pendirian, 
  • Lokasi Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu daerah yang secara geografis jelas. 
  • Pelayanan Bersyarat Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu daerah yang secara geografis jelas.
Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mensugesti perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1. Lingkungan Eksternal
  • Lingkungan eksternal perusahaan yang kuat tidak pribadi terhadap kegiatan perusaan.
  • Lingkungan eksternal perusahaan sanggup dibedakan menjadi :
A) Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang kuat tidak pribadi terhadap kegiatan usaha. Contoh : 
  • Keadaan alam => SDA, lingkungan. 
  • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan. 
  • Hukum 
  • Perekonomian 
  • Pendidikan dan kebudayaan 
  • Social dan budaya 
  • Kependudukan 
  • Hubungan internasional. 
B) Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang dampak pribadi terhadap kegiatan usaha.
Contoh : 
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan. 
  • Perantara, contohnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen. 
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll. 
  • Pasar, sebagai target dari produk yang dihasilkan perusahaan. 
2. Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan pribadi mensugesti hasil produksi.
Contoh : 
  • Tenaga kerja 
  • Peralatan dan mesin 
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana) 
  • Bahan mentah, materi setengah jadi, pergudangan 
  • System informasi dan manajemen sebagai pola pengambilan keputusan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel