Makalah Penelitian Kota Bandung Sebagai Wahana Kaum Anom
Friday, July 3, 2020
Edit
I.1 Latar Belakang
Kota Bandung merupakan kota dengan banyak kegiatan yang identik dengan seni dan keindahan. Kota yang mempunyai daya tarik tersendiri, kota yang tepat bagi berkembangnya kaum anom. Kata “kaum anom” berasal dari bahasa sunda yang berarti golongan muda. Pengertian dari kota Bandung sebagai wahana kaum anom ialah kota Bandung sebagai kawasan golongan muda untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Kini kota Bandung dikenal sebagai salah satu demam isu setter gaya hidup kota terutama seni musik, fesyen maupun boga. Perkembangan kota Bandung begitu cepat, kota yang dulu dibangun sebagai kawasan peristirahatan tuan tanah, kini telah berkembang menjadi kota metropolis, sebuah kota yang harus menyediakan wahana bagi orang-orang modern khususnya kaum anom. Kota Bandung merupakan kota terbuka dimana banyak pendatang dari kota lain yang mempunyai tujuan tertentu untuk tiba ke kota Bandung. Seperti kaum anom dari kota lain yang tiba ke kota Bandung yang bertujuan untuk menuntut ilmu, berbelanja, makan, bersantai dan bekerja.
Sebagian besar kegiatan yang ada dikota Bandung didominasi oleh kaum anom. Kaum anom yang berada dikota Bandung ialah kaum anom yang tiba dari kota lain ibarat kota Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cirebon yang masih termasuk wilayah Jawa Barat sedangkan dari kota lainnya dari luar Pulau Jawa ibarat Bali, Medan, Padang, Irian Jaya dan kota-kota lainnya yang ada di wilayah Nusantara. Kaum anom tersebut menentukan kota Bandung lantaran wahana yang dimiliki kota Bandung cukup menunjang bagi berkembangnya bakat dan ide-ide kreatif yang dimiliki kaum anom.
Saat ini perkembangan informasi sangat pesat, dikarenakan telah berkembangnya teknologi informasi ibarat telepon genggam dan komputer. Dalam teknologi informasi yang ketika ini dianggap paling menguntungkan lantaran sanggup menembus ruang dan waktu ialah teknologi internet. Internet ialah sebuah jaringan yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya dalam www (World Wide Web).
Kota Bandung banyak mempunyai wahana sebagai penunjang bagi kaum anom, namun informasi secara maksimal perihal wahana tersebut tidak semua kaum anom yang ada di kota Bandung maupun luar kota Bandung mengetahuinya. Sehingga penulis tertarik untuk membuat perancangan web site kota Bandung sebagai wahana kaum anom yang berisi perihal informasi wahana yang terdapat di kota Bandung biar kaum anom dari kota Bandung maupun dari luar kota Bandung sanggup mengetahui informasi secara mudah, jelas, tepat dan cepat.
I.2 Identifikasi Masalah
Dengan latar belakang yang ada dicoba untuk mengidentifikasi dilema sehubungan dengan judul kota Bandung sebagai wahana kaum anom. Sebagai wahana kaum anom kota Bandung banyak mempunyai sarana dan prasana.
Permasalahan yang ada yaitu : kaum anom yang ada di kota Bandung tidak banyak mengetahui perihal wahana yang tersedia di kota Bandung, sehingga potensi serta fungsi dari wahana tersebut tidak maksimal diketahui atau digali oleh kaum anom. Kebanyakan kaum anom dari kota lain mengetahui wahana yang ada di kota Bandung hanya dari lisan ke mulut, sehingga kaum anom tersebut kurang begitu terperinci mengenai informasi yang mereka butuhkan.
I.3 Pembatasan Masalah
Kota Bandung banyak mempunyai wahana bagi kaum anom sebagai penunjang kreatifitas biar bakat dan ide-ide kaum anom sanggup tersalurkan dan terwujud. Maka dalam laporan ini penyusun membatasi dilema perihal kawasan atau lokasi wahana berada dan keunggulan wahana tersebut. Sebagai upaya untuk menginformasikan keberadaan dan keunggulan wahana tersebut bagi kaum anom.
I.4 Alasan Pemilihan Media
Dalam menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom media yang dianggap efektif dan tepat sasaran yaitu web site. Web site merupakan suatu media pecahan dari media Audio Visual lini atas. Pemilihan media lewat internet (web site) dalam menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom lantaran media web site dianggap tepat sasaran dengan tinjauan demografis, psikografis dan geografis terhadap sasaran.
Hal ini ditunjang dengan perkembangan web site sebagai teknologi informasi yang sanggup berfungsi sebagai sarana informasi umum dalam menjaring sasaran serta sanggup memberikan informasi secara efektif dan efisien. Kelebihan dari media ini ialah sanggup dilihat kapan saja, sanggup berkomunikasi secara detail dan jelas, kualitas media yang cukup baik dalam memberikan isi informasi. Cukup efisien dalam sistem kerja dan dalam mengediting isi informasi, dalam segi biaya internet lebih murah dibandingkan dengan memakai media lainnya. Kelemahan dari media internet ialah tidak sanggup berdiri sendiri dalam menginformasikan keberadaan media.
I.5 Maksud dan Tujuan Perancangan
Maksud dari perancangan ialah penyusun mengangkat dilema kota Bandung sebagai wahana kaum anom lantaran ingin memperlihatkan informasi mengenai wahana yang menunjang kreatifitas kaum anom yang belum diketahui oleh kaum anom yang berada dikota Bandung maupun diluar kota Bandung. Penyusun akan menginformasikankan melalui media internet (web site).
Dengan maksud tersebut penyusun mempunyai tujuan dari perancangan yaitu :
- Supaya para kaum anom dari dalam dan luar kota Bandung sanggup mengetahui informasi perihal wahana apa saja yang dimiliki kota Bandung.
- Dengan adanya web site ini maka kaum anom sanggup memaksimal menggali kreatiftas, bakat dan ide-ide dikarenakan telah mengetahui wahana penunjang yang ada di kota Bandung
- Setelah kaum anom mengetahui informasi perihal wahana yang ada di kota Bandung, diharapkan kaum anom sanggup memakai wahana tersebut sesuai dengan fungsinya secara maksimal.
- Agar memudahkan kaum anom dari kota lain, turis lokal maupun mancanegara serta pengunjung dari kota lain mendapat informasi yang diharapkan mengenai tempat-tempat makan yang enak, kawasan belanja, mall-mall, wahana olah raga dan akademi tinggi swasta yang ada di kota Bandung.
BAB II
KOTA BANDUNG SEBAGAI WAHANA KAUM ANOM
1 Pengertian Kota Bandung dan Wahana Kaum Anom
Kota Bandung ialah Ibukota Propinsi Jawa Barat, dipengaruhi iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, kota yang terletak cukup strategis lantaran terletak pada poros jalan raya : Barat Timur yang memudahkan korelasi dengan ibukota negara. Kota yang telah dikenal sebagai Parijs Van Java, kota yang ibarat Paris di Jawa dimana Paris terkenal sebagai sentra demam isu setter, begitu juga dengan kota Bandung sebagai tolak ukur demam isu fesyen di Nusantara ketika ini. Kota yang identik dengan seni dan keindahan.
Kota yang berhawa hambar ini menjadi teladan industri fesyen di kota besar Tanah Air dan penggagas berdirinya factory outlet. Sehingga ko Bandung dikenal dengan kota fesyen, terbukti dengan banyaknya kaum anom kota Bandung yang gemar berbusana trendi dan modis. Kini kota Bandung dikenal dengan jajaran toko factory-factory outlet, banyak brand fesyen kelas dunia gampang didapat dengan harga murah dan tanpa perlu tiba ke Jakarta.
Gaya hidup masyarakat kota Bandung yang tidak terburu-buru, membuat suasana yang mendukung terciptanya karya-karya seni musik modern dan tradisional. Kota Bandung banyak terdapat pelajar dan mahasiswa yang menggemari seni musik terbukti dengan banyaknya band-band muda, teater-teater dan sanggar seni lainnya yang perkembangan semakin pesat. Kota bandung sebagai kota seni melahirkan musisi-musisi muda yang berbakat dan kreatif yang menghasilkan karya seni musik handal. Terbukti dengan diadakannya Djarum Super Dago Festival (DSDF) disponsori oleh Djarum Super sebagai ajang kreativitas khas kaum anom yang berada di kota Bandung sebagai ruang presentasi karya-karya seni bagi para seniman kota Bandung yang keberadaannya diakui dan dihargai oleh kalangan masyarakat.
Kota Bandung merupakan kota yang nyaman sehingga banyak kaum anom dari kota lain merasa kondusif untuk menuntut ilmu di kota Bandung. Kaum anompun sanggup lebih bebas mengekspresikan bakat dan bakat yang kaum anom miliki, didukung oleh wahana yang ada sehingga bakat dan bakat yang dimiliki kaum anom sanggup terwujud. Kota yang setiap ahad pekan atau hari libur selalu dipadati oleh pengunjung dari luar kota, aneka macam program dengan bermacam-macam tema digelar untuk meramaikan kota Bandung dengan sasaran marketnya ialah untuk kaum anom.
Kota Bandung sudah semenjak dulu dikenal dengan wisata boga lantaran di kota ini mempunyai boga khas dengan mutu dan citarasa tepat yang sanggup memuaskan selera bagi pengunjung yang datang. Kota Bandung terkenal dengan oleh-olehnya ibarat tempe, oncom goreng, pisang molen Kartika Sari, serta penyem bandung yang sudah sangat terkenal. Dulu kota Bandung dikenal dengan “sorga” tukang jajan, lantaran untuk jenis makanan tertentu kota Bandung menjadi trade-mark yang cukup menawan hati untuk pengunjung yang suka jajan. Banyaknya kawasan jajan mulai dari kaki lima hingga rumah makan sanggup memuaskan selera pembeli.
Kota Bandung dikenal dengan kota pendidikan lantaran dikota ini terdapat bermacam jenis sekolah dari aneka macam jenjang tingkatan terdapat di kota ini. Dari taman kanak-kanak hingga akademi tinggi swasta dan negeri. Sehingga banyak kaum anom dari kota lain menentukan menuntut ilmu di kota ini. Beberapa akademi tinggi swasta dan negeri yang ada di kota Bandung yang telah terkenal antara lain : Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Pendidikan (UPI), Unversitas Parahyangan (UNPAR), Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Univesitas Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dan aneka macam akademi tinggi lainnya, banyak menghasilkan anak muda kreatif dengan ide-ide inovatif baik antara lain didunia seni dan bisnis.
Wahana ialah kawasan atau sarana untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Sedangkan kata kaum anom diambil dari bahasa sunda yang berarti golongan muda. Yang termasuk kaum anom ialah remaja, pemuda, pelajar, mahasiswa, direktur muda, orang yang berjiwa muda.
Kaprikornus wahana kaum anom ialah kawasan golongan muda untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Salah satu kawasan atau sarana yang sangat terkenal di kota Bandung ialah jalan Dago yang merupakan landmark-nya kota Bandung dari dulu hingga sekarang, telah dijadikan ruang publik bagi kaum anom kota Bandung. Setiap ahad pekan sepanjang jalan Dago selalu dipadati oleh kaum anom dengan aneka macam program bermacam-macam yang digelar. Di sepanjang jalan Dago banyak berjajaran factory-outlet, cafe-cafe tenda, beberapa stasiun radio ibarat Ardan Swaratama, Ninety Niners, Paramuda, Oz, menggelar program seni musik sebagai penyalur kreatifitas kaum anom dibidang seni musik yang sedang demam isu dikalangan kaum anom.
2 USP (Unique Selling Proposition)
Dilihat dari USP :
- Memiliki bangunan bersejarah ibarat Gedung Sate dan Kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) serta bangunan disepanjang jalan Braga.
- Banyaknya didirikan pusat-pusat perbelanjaan barang electronik, handphone, computer dan tekstil yang megah.
- Pesona Panorama Indah Alami kota Bandung dengan hawa yang sejuk.
Dilihat dari segi ESP (Eucapsulated Post Script)
- Kota Bandung mempunyai julukan sebagai “Kota Kembang”.
- Kota Bandung dikenal sebagai “Paris Van Java”.
- Kota Bandung merupakan “sorga tukang jajan”.
3 Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
SWOTH merupakan suatu metode analisa pemasaran dalam merumuskan Perancangan Komunikasi Visual melalui tinjauan objektif terhadap produk sasaran (target audience) dan produk lain yang sejenis serta peluang akan pelaksanaan informasi. Penerapan SWOT pada perancangan web site kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom adalah:
Strength (kekuatan)
- Sudah banyak julukan yang didapat oleh kota Bandung ibarat sebagai Parijs Van Java, kota ibarat Paris di Jawa dimana Paris terkenal sebagai sentra demam isu setter dunia, sehingga kota Bandung terkenal diseluruh Indonesia dan manca negara.
- Letak geografis yang sangat strategis berdekatan dengan ibukota negara.
- Tersedianya sarana pendidikan dengan bidang studi yang beragam.
- Pembangunan kota yang sangat pesat, didirikanya wahana-wahana dengan sasaran sasarannya kaum anom.
- Faktor iklim yang sejuk.
- Kaum anom kota Bandung trendi dan modis.
- Tersedianya ruang publik untuk kaum anom berekspresi.
- Banyaknya kaum anom yang tiba dari kota lain.
- Dalam perancangan informasi kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom, memakai media melalui internet yaitu web site lantaran media ini sanggup menjangkau sasaran yang luas. Kekuatan dari media ini ialah sanggup berkomunikasi dalam memberikan informasi, sistem pengerjaannya dan mengedit isi informasi sangat efisien.
Weaksness (kelemahan)
- Banyaknya kaum anom yang tidak mempunyai pekerjaan lantaran lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya kaum anom yang lulus sekolah.
- Penyebaran informasi yang tidak merata mengenai wahana yang ada sehingga wahana tersebut belum optimal.
- Kurangnya perawatan sarana yang ada.
- Sebagai media informasi internet mempunyai kelemahan yaitu tidak sanggup berdiri sendiri dalam menginformasikan keberadaan media dan isi dari informasi yang terdapat pada media.
Opportunity (kesempatan)
- Kesempatan kaum anom untuk menggali dan memaksimalkan fungsi dari sarana yang ada sebagai wahana kaum anom di kota Bandung.
- Dengan adanya sarana penunjang kesempatan kaum anom terbuka lebar untuk menuangkan ide, bakat dan kreatifitas sehingga sanggup memperoleh hasil yang lebih baik dan berkwalitas.
- Kesempatan menginformasikan kepada sesama kaum anom sanggup dilakukan melalui media Web site lebih terkenal bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk pencarian informasi.
- Hal ini berarti kesempatan baik untuk menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom kepada kaum anom kota Bandung sendiri dan kaum anom seluruh Nusantara Indonesia pada umumnya, lantaran melalui web site kaum anom sanggup dengan gampang mendapat kesempatan berinteraksi dengan pelaku internet lainnya untuk mendapat informasi.
Threat (ancaman)
· Ancaman lainnya tiba dari kota Jogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar, kota Bali yang terkenal dengan pariwisatanya, kota Surabaya kini sudah mulai bermunculan factory-factory outlet, kota-kota tersebut merupakan bahaya bagi kota Bandung.
4 Hasil Tinjauan Objek Penelitian
Kota Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan yang berhawa hambar yang identik dengan seni dan keindahan cukup berhasil menarik perhatian kaum anom dari kota lain seluruh nusantara. Pembangunan kota sangat pesat terbukti dengan banyaknya mall-mall, sentra belanja, sarana pendidikan dan lain-lain, sasaran sasaranya ditujukan untuk kaum anom yang ada di kota Bandung yang cenderung bergerak dinamis mengikuti perkembangan jaman.
Berdasarkan uraian kalimat diatas penyusun menyederhanakan uraian tersebut menjadi kata kunci yang nantinya akan menjadi tema perancangan yaitu “Bandung sebagai Wahana Kaum Anom”
BAB III
KONSEP PERANCANGAN
1. Konsep Komunikasi
Konsep ialah suatu perancangan (planning) untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, konsep bukan berarti sebagai peta jalan yang hanya memperlihatkan bagaimana teknik operasionalnya. Begitu juga dengan konsep komunikasi merupakan panduan perencanaan komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu communications dan bersumber dari kata communis yang berarti “sama”. Sama disini berarti “sama makna” (lambang). Berdasarkan paradigma Lasswell, komunikasi ialah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang mengakibatkan imbas tertentu. Komunikasi yang digunakan bersifat informatif yaitu memperlihatkan informasi mengenai wahana yang terdapat di kota Bandung.
1.1 Tujuan Komunikasi
Pada akhirnya, sejalan dengan berkembangnya masyarakat, komunikasi media mengalami kemajuan, dengan memadukan komunikasi memakai lambang-lambang, kata-kata, gambar, bilangan, grafik dan lain-lain. Kegiatan atau proses penyampaiannya dinamakan komunikasi.
Pada perancangan web site ini memuliki tujuan komunikasi yaitu menginformasikan Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom yang banyak mempunyai wahana yang sangat signifikan bagi kaum anom. Dengan tujuan memperlihatkan informasi bagi kaum anom yang ada di kota Bandung atau kota lainnya diseluruh Kawasan Nusantara biar sanggup menumbuhkan rasa ketertarikan untuk mengunjungi kota Bandung.
1.2 Pesan Utama Dasar Komunikasi
Pesan utama dasar komunikasi yang disampaikan dalam perancangan web site Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom ialah menginformasikan wahana yang terdapat di kota Bandung, biar kaum anom sanggup mengetahui nama wahana tersebut, lokasi atau alamat, serta ke istimewaan dari wahana tersebut untuk mendorong kaum anom lebih percaya dan mempunyai citra mengenai informasi kota Bandung, sesuai dengan tujuan dari pembuatan perancangan web site Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom. Kita tidak akan berhasil tanpa ada komunikasi dalam memberikan suatu informasi.
1.3 Segmentasi
Beberapa pecahan sanggup menentukan keberhasilan suatu informasi yaitu :
- Demografis : golongan usia 13 hingga 30 tahun (pendidikan SLTP hingga akademi tinggi) baik laki-laki maupun wanita, dari kalangan menengah ke atas.
- Psikografis : Kaum anom yang yang cenderung bergerak dinamis mengikuti perkembangan jaman dan selalu memberi ciri khas pada setiap perkembangan jaman tersebut.
- Geografis : Bagi masyarakat kota Bandung dan kota lainnya serta pada umumnya seluruh Nusantara.
1.4 Materi Pesan
Materi pesan yang akan dibentuk dalam menginformasikan kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom, harus mempunyai pesan yang akan menguatkan web site ini biar selalu diingat pengguna internet, yaitu melalui jenis abjad yang digunakan, ikon, gambar, lambang dan sebagainya yang gampang diingat dan dikenali oleh para kaum anom.
Materi pesan yang ada di media ini adalah
- Menyajikan informasi mengenai sejarah Bandung dulu dan Bandung kini.
- Menyajikan informasi wahana pendidikan,seni, olah raga, belanja.
- Menyajikan peta lokasi untuk mempermudah kaum anom supaya tidak tersesat dan terjebak macet, maka kenali jalan dikota Bandung melalui peta lokasi ini
- Menyajikan informasi mengenai even kegiatan yang dilakukan kaum anom di kota Bandung.
- Menyajikan kamus bahasa sunda
1.5 Pendekatan Kreatif
Pendekatan kreatif dalam hal ini ialah melalui media internet dengan memakai gambar foto dan tulisan-tulisan menggambarkan wahana yang ada di kota Bandung, biar pengguna sanggup pribadi memperoleh citra mengenai informasi tersebut. Karena dengan memakai gambar foto, sanggup berbicara lebih baik dibandingkan klarifikasi yang panjang lebar.
Foto di dalam suatu web site merupakan daya penarik bagi pengunjung suatu web site. Umumnya web site dilengkapi dengan gambar foto-foto untuk membuat orang tertarik melihat dan membaca isi yang ada di suatu web site serta ingin lebih jauh mengetahui perihal kota Bandung.
1.6 Tone and Manner
Gaya dan kesan yang ingin dimunculkan dalam perancangan web site ini ialah menggambarkan kota Bandung yang sejuk dikelilingi oleh gunung mempunyai kesan perihal alam yang hijau. Penataan grafis dan tipografi yang ditampilkan pada web site ini diubahsuaikan dengan kesan.
2 Konsep Visual
Tampilan interface dilayar monitor komputer merupakan pecahan yang sangat efektif untuk memberikan pesan atau informasi yang akan disampaikan, yang tampil melalui pemikiran-pemikiran yang dikembangkan dari tema dalam penyusunan konsep secara visual biar menampilkan pesan yang berkesan, terperinci dan tegas.
Pada perancangan web site ini sebagai media pemersatu dan media informasi yang bersifat persuasif serta sasaran marketnya kaum anom, maka secara visual penyusun melaksanakan pendekatan dengan cara memakai gambar foto-foto disetiap halaman biar pengguna memperolah citra mengenai informasi yang dibutuhkan.
Format Desain
Desain Web site ini sangat baik untuk ditampilkan pada resolusi layar 800 x 600 pixel. Karena ukuran ini merupakan standar umum wabsite, serta banyaknya pengguna web site memakai monitor berukuran 14”, dengan area screen 800 x 600 pixcel. Penempatan icon menunya ditempatkan disebelah atas.
Lay Out
Lay out atau tata letak sangat diharapkan untuk menata elemen-elemen dalam suatu halaman web biar elemen-elemen tersebut tersusun rapih, khususnya teks yang akan dimasukkan ke dalam halaman ini. Agar tercipta web site yang sesuai dengan tema maka tata letak sangat berperan dalam menggabungkan unsur visualnya ibarat animasi, foto-foto, tipografi, yang menjadi kesatuan sehingga tercipta harmonisasi fungsi web site sebagai media komunikasi. Pada web site ini lay out memakai bentuk keseimbangan asimetris biar terkesan tidak resmi atau informal namun tampak lebih dinamis.
Tipograf
Tipografi sebagai elemen pendukung visual pada desain web site, lantaran sebagian besar informasi tertulis dalam bentuk teks. Dengan font kita sanggup menentukan gaya sebuah web site serta dengan memakai font yang sederhana dan gampang dibaca akan membuat pengguna web site gampang memahaminya.
Dalam web site ini penyusun memakai jenis huruf, yaitu :
- PT Banana Split , jenis abjad ini digunakan pada penulisan ”Bandung Wahana Kaum Anom”, dengan ukuran font 30pt.
- Benguiat Bk BT : jenis abjad ini digunakan pada penulisan
- Bandung Dulu
- Bandung Kini
- THE SUMMIT
- HERITAGE
- dse (dago stok ekspor)
dengan ukuran font 14pt.
Ø Bookman Old Style, jenis abjad ini digunakan pada isi dengan ukuran font 10pt.
Contoh : Kaum anom sanggup memanjakan diri dengan berbelanja sepuasnya.
Ilustrasi
Ilustrasi yang ditampilan interface memakai foto, lantaran memakai foto berwarna lebih cocok untuk menyuguhkan tampilan keadaan yang nyata. Dengan illustrasi atau foto maka pesan yang disampaikan akan lebih berkesan, lantaran pembaca lebih muda mengingat gambar atau foto daripada kata-kata, hal ini dimaksud untuk mendukung proses penyampaian informasi dan mempermudah memperlihatkan citra perihal wahana kaum anom yang ada di kota Bandung sebenarnya.
Warna
Warna yang digunakan pada perancangan web site ini ialah warna-warna :
- Hijau muda : memunculkan kesan segar, damai , ceria, pertumbuhan
- Hijau kuning : memunculkan kesan persahabatan, muda, kehangatan, baru, berseri
- Crem : memunculkan kesan lembut, klasik, netral dan manis.
- Merah : memunculkan kesan energik, perkasa, dinamis, aktif.
- Putih : memunculkan kesan terang, murni, bersih, klasik kemilau,
Studi Icon
Pada perancangan wab site icon mempunyai peranan yang sangat penting dan diperlukan, lantaran dengan adanya icon sanggup dengan gampang dan cepat mengantarkan pengunjung ke halaman-halaman lain dari web site tersebut untuk mendapat informasi yang pengunjung inginkan. Icon yang digunakan pada perancangan web site ini diambil dari karakter sajian yang dipakai.
BAB IV
TEKNIS PRODUKSI
Tahap ini yaitu tahap yang terpenting dalam pembuatan perancangan web site kota Bandung sebagai wahana kaum anom dimana penyusun mempersiapkan hardware dan software yang akan digunakan sebagai sarana penunjang biar proses pelaksanaannya berjalan dengan lancar.
1 Hardware
Hardware (spesifikasi komputer) yang digunakan sebagai sarana penunjang dalam proses pembuatan web site ini ialah :
- Processor : mata-mata pentiu
- Hard disk : DDR 40Gb CD
- RW : Asus 52x32X52
- Memori : 256 Mb RAm
- VGA Card : TNT 2 Model 64
- Motherboard : Gigabyte
- Others : Mouse dan Keyboard Logitech
- Monitor : GIC 15”
- Printer : HP Deskjet 1220C
2 Software
Software yang digunakan dalam perancangan web site ini ialah :
1. CorelDRAW 11
Program ini digunakan untuk pembuatan bentuk dasar dalam pembuatan lay out dan icon.
2. Adobe Photoshop 7.0
Program ini digunakan untuk mengolah image, memberinya efek, memperlihatkan kreasi pada halaman web,
3. Macromedia Flash MX
Program ini digunakan untuk membuat animasi terdiri dari beberapa keyframe yang sanggup dikontrol oleh user, dimana ketika animasi tersebut bergerak.