Pengertian Animasi

ANIMASI
1. Animasi ialah serangkaian gambar yang tetap, bila dilihat dalam suksesi cepat, memperlihatkan kesan gambar bergerak. Kata animasi berasal dari arti kata-kata anima hidup Latin, dan animare makna untuk bernapas kehidupan ke. Sepanjang sejarah, orang telah mempekerjakan aneka macam teknik untuk memperlihatkan kesan gambar bergerak (answers.com 2011)
Prinsip-prinsip fisik dan psikologis mengapa animasi sanggup bekerja yaitu :
  • Adanya fenomena biologi yang disebut persistensi penglihatan dan fenomena psikologi yang disebut phi
  • Sebuah objek yang dilihat mata insan masih tersimpan secara kimia di retina mata selama beberapa ketika setelah penglihatan
  • Serangkaian image diubah secara perlahan dan sangat cepat, satu setelah yang lain sehingga tampak berpadu ke dalam delusi visual gerak
  • Berikut ini ditunjukkan beberapa frame dari logo bola memantul
Ketika frame-frame berubah secara progresif dan cepat, bola akan tampak memantul, maka terdapat delusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan persistensi penglihatan (persistance of vision).
Animasi biasanya dipersentasikan dengan cara:
  • Video televisi membutukan 30 frame atau gambar setiap detik
  • Kecepatan setiap frame digantikan oleh frame lain menciptakan image tampak bergerak dengan halus
  • Gambar hidup dalam film biasanya diambil dengan angka 24 frame per detik
  • Trik proyeksi (lensa pengatur cahaya dari proyektor memancarkan cahaya ke tiap image sebanyak dua kali), angka kedipannya meningkat menjadi 48 kali per detik sehingga mata insan seolah melihat gambar bergerak (Vaughan Tay 2006).
2. Asal seruan Animasi Cel
Animasi cel ialah suatu teknik animasi yang dipopulerkan oleh Disney, memakai serangkaian grafis progresif berbeda dalam setiap frame film bioskop (yang dimainkan 24 frame per detik). Animasi dalam satu menit membutuhkan frame terpisah sebanyak 1.440. 

Kata cel diambil dari lembar seluloid (celluloid) bening, dipakai untuk menggambar setiap frame, yang ketika ini diganti dengan asetat atau plastik. Cel dari kartun animasi terkenal selalu dicari, cocok untuk menciptakan frame untuk item-item-item para kolektor.

Pembuatan Animasi Cel 
- Keyframe; merupakan frame pertama dan terakhir dari sebuah aksi. Misalnya, animasi orang berjalan

Keyframe pertama dibentuk menggambarkan satu langkah menumpukkan berat tubuhnya ketika melangkah pada telapak kaki dan kiri, sementara sentra gravitasinya mengarah ke depan. 

Selanjutnya dibentuk frame-frame yang menyelaraskan berat tubuhnya pada satu telapak kaki dan diikuti dengan serangkaian jatuh dan angkatan langkah, dengan telapak kaki berbeda dan kaki terangkat untuk mendukung tubuhnya.

Keyframe terakhir ialah telapak kaki dan kaki kanan menahan jatuhnya tubuh, dengan sentra gravitasi berpusat diantara ayunan langkah dan posisi kaki kiri dan kanan berjauhan.
  • Tweening ialah suatu pergerakan dari keyframe dan frame Tweening membutuhkan kalkulasi jumlah frame dan waktu, antara keyframe dan jalannya agresi yang berlangsung. Urutan waktu dicek dengan memutar kembali frame. Biasanya bagan frame memakai pensil. Frame berpensil dipasang dan kemudian difilmkan sebagai pensil penguji untuk mengejek kehalusan, kontinuinitas, dan waktu.
  • Jika pengujian sudah memuaskan, frame yang dibentuk dengan pensil akan diberi tinta, difotokopi ke dalam cel, dan diberikan kepada para seniman yang memakai warna akrilik untuk menggambar masing-masing cel secara detail. 
  • Dibuat judul teks, latar belakang, halaman muka, aksara (mungkin dengan cel terpisah untuk lengan kiri, lengan kanan, kaki, sepatu, tubuh, dan fitur wajah) – diregistrasi dan diatur dengan hati-hati. Komposisi inilah yang menjadi frame foto tunggal yang final dalam animasi film.
3. Animasi Planet yang mengelilingi matahari
Deskripsi Storyboard planet mengelilingi matahari dengan kegiatan Power Point
  • Buat Judul pada Kolom di Power Point
  • Kumpulkan gambar-bambar yang diambil dari internet; 1.Matahari Merkurius Venus Bumi Mars 2. Yupiter Saturnus Uranus Neptunus Pluto
  • Susun gambar matahari dan planet pada kolom di Power Point
  • dBuat planet berputar mengelilingi matahari. Langkah pertama buat bulat dengan cara, Klik Objek yang akan dibentuk lingkaran. Klik Animations > Custom Animation > Edd Effect > Motion Paths > More Motion Paths > Circle > Ok.
  • Ulangi untuk menciptakan bulat pada semua objek planet.
  • Klik 2 kali pada panah yang terdapat pada lingkaran, maka akan muncul 
  • Tampilan Effect klik Path > Unlocked. 
  • Klik Timing > Start > On Click. Repeat > Until Next Click
  • Animasi sanggup bergerak semua dengan mengklik 2 kali semua anak panah lalu; Pilih Animations > Custom Animation > Start With Previous. 
  • Setelah selesai, untuk menampilkan gambar klik F5, maka akan tampil Animasi Planet mengelilingi Matahari.
  • Animasi sanggup diakses di http://www.yarsi.ac.id/files/ANIMASI_MATAHARI.ppt
4. Animasi Pria bermain Bowling
Stroryboard seorang Pria bermain Bowling
a. Seorang Pria melempar b. Bola bowling c. Pin berjatuhan bola bowling 
- Buat Judul pada kolom Power Point
ANIMASI BOWLING
  • -Klik gambar laki-laki memegang bola. Klik Insert > Custom animation > Add Effect > Entrance > More Effect. Klik gambar bola. Klik Insert > Custom animation > Add Effect > Motion Paths > Right. Klik gambar pin. Klik Insert > Custom animation > Add Effect > Exit > Wheel.
  • Setelah selesai sanggup melihat tampilan laki-laki melempar bowlin
b. Animasi bowling sanggup dilihat di http://www.yarsi.ac.id/files/Animasi_Bowling.ppt
5. Penggunaan Animasi yang baik pada : 
a. Situs web untuk penggemar kendaraan beroda empat sport
  • Animasi ditampilkan pada halaman muka situs web, sebagai promosi. Misalnya situs web Perusahaan Mobil, ingin memperkenalkan kendaraan beroda empat gres bagi penggemar mobil. 
  • Animasi akan tampak mengganggu, jika pada situs web ada informasi yang bukan mengenai promosi kendaraan beroda empat sport.
  • Animasi di buat di situs web, pada halaman muka dibagian sub web jika di klik akan memperlihatkan informasi kendaraan beroda empat apa saja yang ada dan dibagian lain jika ddi klik akan menampilkan animasi kelebihan masing-masing kendaraan beroda empat sport
b. Presentasi untuk para pemegang saham mengenai laporan keuangan
  • Animasi sanggup dibentuk dalam bentuk DVD. Sedangkan manualnya dalam bentuk buku
  • Animasi akan tampak mengganggu, jika gambarnya tidak jelas
  • Animasi tampak bagus, jika isinya gampang dipahami dan terang uraiannya
c. CD pembinaan mengenai mesin cetak
  • Pada CD sudah tampak gambar animasinya
  • Animasi akan tampak menggangu, jika durasinya cepat
  • Animasi pada CD akan tampak cantik jika gambar, durasi, warna, dan bunyi saling mendukung
d. CD yang menggambarkan sejarah jalan raya
  • Pada cover CD sudah menggambarkan animasi jalan raya
  • Animasi akan mengganggu, jika dalam penyusunan frame ada yang terpotong, sehingga menghilangkan cerita
  • Animasi akan terlihat baik, jika storyboard yang dibentuk tersusun rapih, sehingga ilham dongeng akan tampak jelas 
Daftar Pustaka
  • Animasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi [19-05-2011].
  • Bagaimana Animasi Dibuat. http://www.answers.com/topic/animation#ixzz1Mmwq17hN. [19-05-2011].
  • Kegunaan dan Macam Animasi http://www.yudiflasher.com/index.php?option=com_content&view=article&id=148:kegunaan&catid=38:animasi&Itemid=108 [19-05-2011].
  • Tata Surya. http://id.wikipedia.org/wiki/Tata_Surya. [19-05-2011].
  • TUTORIAL Animasi Power Point untuk MS Office 2007. http://if.uai.ac.id/portal-guru/wp-content/uploads/2010/01/Microsoft-Word-tutorial-power-point-seminar-guru.pdf. [19-05-2011].
  • Vaughan Tay. 2006. Multimedia: making it work. Yogyakarta: Andi.
  • ","serif"'>Eritrisyanto. 2012. Sejarah Perkembangan Prosessor. Jakarta: Erlangga
  • Ogi, A. 2012. Perkembangan Prosessor Komputer. Serial Online. http://ogi-adi p.blog.ugm.ac.id/. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013.
  • Ojie. 2012. Komputer. Serial Online. http://kuliah 319.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013.
  • Prima, R. Perkembangan Prosessor dari generasi ke generasi. Serial Online. http://renaldo-46. Blogspot.com/. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel