Pengertian Metode Pembelajaran Secara Umum
Monday, May 23, 2022
Edit
Pengertian Metode Pembelajaran
Metode merupakan salah satu seni administrasi atau cara yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran yang hendak dicapai, semakin sempurna metode yang dipakai oleh seorang guru maka pembelajaran akan semakin baik. Metode berasal dari kata methodos dalam bahasa Yunani yang berarti cara atau jalan. Sudjana (2005: 76) beropini bahwa metode merupakan perencanaan secara menyeluruh untuk menyajikan materi pembelajaran bahasa secara teratur, tidak ada satu serpihan yang bertentangan, dan semuanya menurut pada suatu pendekatan tertentu. Pendekatan bersifat aksiomatis yaitu pendekatan yang sudah terang kebenarannya, sedangkan metode bersifat prosedural yaitu pendekatan dengan menerapkan langkah-langkah. Metode bersifat prosedural maksudnya penerapan dalam pembelajaran dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur dan secara sedikit demi sedikit yang dimulai dari penyusunan perencanaan pengajaran, penyajian pengajaran, proses berguru mengajar, dan evaluasi hasil belajar.
Menurut Sangidu (2004: 14) metode yaitu cara kerja yang bersistem untuk memulai pelaksanaan suatu kegiatan evaluasi guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Salamun (dalam Sudrajat, 2009:7) menyatakan bahwa metode pembelajaran ialah sebuah caracara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda dibawah kondisi yang berbeda. Hal itu berarti pemilihan metode pembelajaran harus diubahsuaikan dengan kondisi pembelajaran dan hasil pembelajaran yang ingin dicapai. Berdasarkan pendapat tersebut sanggup disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang utuh dan bersistem dalam menyajikan materi pelajaran. Metode pembelajaran dilakukan secara teratur dan sedikit demi sedikit dengan cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan tertentu dibawah kondisi yang berbeda.
Macam-macam Metode Pembelajaran
Penggunaan metode pembelajaran sangat penting alasannya yaitu dengan metode guru sanggup merencanakan proses pembelajaran yang utuh dan bersistem dalam menyajikan materi pembelajaran. Macam-macam metode pembelajaran antara lain:
- metode tutorial (pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan),
- (metode demonstrasi (pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan proses, situasi, benda, atau cara kerja),
- metode debat (meningkatkan kemampuan akademik siswa),
- metode Role Playing (cara penguasaan materi pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan), dan (
- metode problem solving (pemecahan masalah) (Sudjana, 2005: 77-89).
Selain metode-metode di atas, dikemukakan juga beberapa metode dalam pembelajaran bahasa. Menurut Saksomo (dalam Sudrajat, 2009: 6) metode-metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia antara lain:
- metode gramatika-alih bahasa,
- metode mimikri-memorisasi,
- metode langsung, metode oral, dan metode alami, (d) metode TPR dalam pembelajaran menyimak dan berbicara,
- metode diagnostik dalam pembelajaran membaca pemahaman,
- metode SQ3R dalam pembelajaran membaca,
- metode APS dan metode WP2S dalam pembelajaran membaca permulaan, serta
- metode SAS dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan.
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, sanggup disimpulkan bahwa metode pembelajaran mempunyai banyak jenis yang sanggup dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran. Untuk mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran membaca sanggup mengunakan metode SQ3R, alasannya yaitu metode ini sanggup mengaktifkan siswa dan menimbulkan siswa sebagai pembaca yang aktif dan terarah pribadi pada intisari atau kandungan pokok yang tersirat atau tersurat dalam suatu bacaan.
SUMBER;