Proses Perubahan Sosial Dan Dampaknya

PROSES PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI PERUBAHAN SOSIAL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat dunia sampaumur ini merupakan tanda-tanda yang normal. Pengaruhnya bisa menjalar dengan cepat ke bagian-bagian dunia lain berkat adanya komunikasi modern. Penemuan-penemuan gres di bidang teknologi yang terjadi di suatu tempat, dengan cepat sanggup diketahui oleh masyarakat lain yang berada jauh dari tempat tersebut.

Perubahan dalam masyarakat memang telah ada semenjak zaman dahulu. Namun sampaumur ini perubaha-perubahan tersebut berjalan dengan sangat cepatnya, sehingga membingungkan insan yang menghadapinya, Perubahan-perubahan mana sering berjalan secara konstan. Ia tersebut memang terikat oleh waktu dan tempat. Akan tetapi karena sifatnya yang berantai, maka perubahan terlihat berlangsung terus, walau diselingi keadaan di mana masyarakat mengadakan reorganisasi unsure-unsur struktur masyarakat yang terkena perubahan.

William F. Ogburn dalam Moore (2002), berusaha memperlihatkan suatu pengertian perihal perubahan sosial. Ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun immaterial. Penekannya yaitu pada imbas besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial. Perubahan sosial diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Definisi lain dari perubahan sosial yaitu segala perubahan yang terjadi dalam forum kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mensugesti sistem sosialnya. Tekanan pada definisi tersebut yaitu pada forum masyarakat sebagai himpunan kelompok insan dimana perubahan mensugesti struktur masyarakat lainnya (Soekanto, 1990).Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan dalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat menyerupai contohnya perubahan dalam unsur geografis, biologis, hemat dan kebudayaan. Sorokin (1957), beropini bahwa segenap perjuangan untuk mengemukakan suatu kecenderungan yang tertentu dan tetap dalam perubahan sosial tidak akan berhasil baik.

Perubahan sosial merupakan potongan dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaan meliputi semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mensugesti organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan (Soekanto, 1990).

Perubahan kebudayaan bertitik tolak dan timbul dari organisasi sosial. Pendapat tersebut dikembalikan pada pengertian masyarakat dan kebudayaan. Masyarakat yaitu sistem hubungan dalam arti hubungan antar organisasi dan bukan hubungan antar sel. Kebudayaan meliputi segenap cara berfikir dan bertingkah laku, yang timbul karena interaksi yang bersifat komunikatif menyerupai memberikan buah pikiran secara simbolik dan bukan warisan karena keturunan (Davis, 1960). Apabila diambil definisi kebudayaan berdasarkan Taylor dalam Soekanto (1990), kebudayaan merupakan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, aturan susila istiadat dan setiap kemampuan serta kebiasaan insan sebagai warga masyarakat, maka perubahan kebudayaan dalah segala perubahan yang meliputi unsur-unsur tersebut.Soemardjan (1982), mengemukakan bahwa perubahan sosial dan perubahan kebudayaan mempunyai aspek yang sama yaitu keduanya bersangkut paut dengan suatu cara penerimaan cara-cara gres atau suatu perbaikan dalam cara suatu masyarakat memenuhi kebutuhannya.

Untuk mempelajari perubahan pada masyarakat, perlu diketahui sebab-sebab yang melatari terjadinya perubahan itu. Apabila diteliti lebih mendalam alasannya yaitu terjadinya suatu perubahan masyarakat, mungkin karena adanya sesuatu yang dianggap sudah tidak lagi memuaskan. Menurut Soekanto (1990), penyebab perubahan sosial dalam suatu masyarakat dibedakan menjadi dua macam yaitu faktor dari dalam dan luar. Faktor penyebab yang berasal dari dalam masyarakat sendiri antara lain bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk, penemuan baru, kontradiksi dalam masyarakat, terjadinya berontak atau revolusi. Sedangkan faktor penyebab dari luar masyarakat yaitu lingkungan fisik sekitar, peperangan, imbas kebudayaan masyarakat lain.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu bagaimana :
  • Pengertian dari proses perubahan sosial
  • Penyebab terjadinya perubahan sosial
  • Faktor pendorong dan penghambat terjadinya perubahan sosial
  • Dampak dari perubahan sosial
C. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial terjadi dan dampak apa yang ditimbulkan dalam masyarakat akhir dari perubahan sosial tersebut

BAB II
PEMBAHASAN
Perubahan sosial sanggup diartikan sebagai segala perubahan pada lembaga-lembaga sosial dalam suatu masyarakat. Perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial itu selanjutnya mempunyai pengaruhnya pada sistem-sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, pola-pola sikap ataupun sikap-sikap dalam masyarakat itu yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial.

Masih banyak faktor-faktor penyebab perubahan sosial yang sanggup disebutkan, ataupun mensugesti proses suatu perubahan sosial. Kontak-kontak dengan kebudayaan lain yang kemudian memperlihatkan pengaruhnya, perubahan pendidikan, ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu, penduduk yang heterogen, tolerasi terhadap perbuatan-perbuatan yang semula dianggap menyimpang dan melanggar tetapi yang lambat laun menjadi norma-norma, bahkan peraturan-peraturan atau hukum-hukum yang bersifat formal.

MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan itu sanggup mengenai lingkungan hidup dalam arti lebih luas lagi, mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola keperilakuan, strukturstruktur, organisasi, lembaga-lembaga, lapisan-lapisan masyarakat, relasi-relasi sosial, sistem-sistem komunikasi itu sendiri. Juga perihal kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial, kemajuan teknologi dan seterusnya.

Ada pandangan yang menyatakan bahwa perubahan sosial itu merupakan suatu respons ataupun tanggapan yang dialami terhadap perubahan-perubahan tiga unsur utama :
  1. Faktor alam
  2. Faktor teknologi
  3. Faktor kebudayaan
Kalau ada perubahan daripada salah satu faktor tadi, ataupun kombinasi dua diantaranya, atau bersama-sama, maka terjadilah perubahan sosial. Faktor alam apabila yang dimaksudkan yaitu perubahan jasmaniah, kurang sekali menentukan

perubahan sosial. Hubungan korelatif antara perubahan alam dan perubahan sosial atau masyarakat tidak begitu kelihatan, karena jarang sekali alam mengalami perubahan yang menentukan, kalaupun ada maka prosesnya itu yaitu lambat. Dengan demikian masyarakat jauh lebih cepat berubahnya daripada perubahan alam. Mudah tak ada hubungan eksklusif antara kedua perubahan tersebut. Tetapi kalau faktor alam ini diartikan juga faktor biologis, hubungan itu bisa di lihat nyata. Misalnya saja pertambahan penduduk yang demikian pesat, yang mengubah dan memerlukan pola hubungan ataupun sistem komunikasi lain yang baru. Dalam masyarakat modern, faktor teknologi sanggup mengubah sistem komunikasi ataupun hubungan sosial. Apalagi teknologi komunikasi yang demikian pesat majunya sudah niscaya sangat memilih dalam perubahan sosial itu.

A. Proses Perubahan Sosial
Proses perubahan sosial terdiri dari tiga tahap berurutan :
  1. invensi yaitu proses di mana ide-ide gres diciptakan dan dikembangkan,
  2. difusi, ialah proses di mana ide-ide gres itu dikomunikasikan ke dalam Sistem sosial, dan
  3. konsekwensi yakni perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem social sebagai akhir pengadopsian atau penolakan inovasi. Perubahan terjadi jika penggunaan atau penolakan pandangan gres baru itu mempunyai akibat. Karena itu perubahan sosial yaitu akhir komunikasi sosial.
Beberapa pengamat terutama andal anthropologi memerinci dua tahap aksesori dalam urutan proses di atas. Salah satunya ialah pengembangan penemuan yang terjadi sehabis invensi sebelum terjadi difusi. Yang dimaksud ialah proses terbentuknya pandangan gres baru dari suatu bentuk hingga menjadi suatu bentuk yang memenuhi kebutuhan audiens akseptor yang menghendaki. Kami tidak memasukkan tahap ini karena ia tidak selalu ada. Misalnya, jika penemuan itu dalam bentuk yang siap pakai. Tahap terakhir yang terjadi sehabis konsekwensi, yaitu menyusutnya inovasi, ini menjadi potongan dari konsekwensi.

Yang memicu terjadinya perubahan dan sebaliknya perubahan sosial sanggup juga terhambat kejadiannya selagi ada faktor yang menghambat perkembangannya. Faktor pendorong perubahan sosial meliputi kontak dengan kebudayaan lain, sistem masyarakat yang terbuka, penduduk yang heterogen serta masyarakat yang berorientasi ke masa depan. Faktor penghambat antara lain sistem masyarakat yang tertutup, prasangka terhadap hal yang gres serta susila yang berlaku dan lain-lain.

Perubahan sosial dalam masyarakat sanggup dibedakan dalam perubahan cepat dan lambat, perubahan kecil dan perubahan besar serta perubahan direncanakan dan tidak direncanakan. Tidak ada satu perubahan yang tidak meninggalkan dampak pada masyarakat yang sedang mengalami perubahan tersebut. Bahkan suatu penemuan teknologi gres sanggup mensugesti unsur-unsur budaya lainnya. Dampak dari perubahan sosial antara lain meliputi disorganisasi dan reorganisasi sosial, teknologi serta cultural.

B. Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial
Untuk mempelajari perubahan masyarakat, perlu diketahui sebab-sebab yang melatari terjadinya perubahan itu. Apabila diteliti lebih mendalam alasannya yaitu terjadinya suatu perubahan masyarakat, mungkin karena adanya sesuatu yang dianggap sudah tidak lagi memuaskan. Mungkin saja karena ada faktor gres yang lebih memuaskan masyarakat sabagai pengganti faktor yang usang itu. Mungkin juga masyarakat mengadakan perubahan karena terpaksa demi untuk menyesuiakan suatu faktor-faktor lain yang sudah mengalami perubahan terlebih dahulu.

Pada umumnya sanggup dikatakan bahwa sebab-sebab tersebut mungkin sumbernya ada yang terletak di dalam masyarakat itu sendiri dan ada yang letaknya diluar masyarakat itu sendiri.
1. Dari Dalam Masyarakat
a. Mobilitas Penduduk
Mobilitas penduduk ini meliputi bukan hanya perpindahan penduduk dari desa ke kota atau sebaiiknya, tetapi juga bertambah dan berkurangnya penduduk
b. Penemuan-penemuan gres (inovasi)
Adanya penemuan teknologi baru, contohnya teknologi plastik. Jika dulu daun jati, daun pisang dan biting (lidi) sanggup diperdagangkan secara besar-besaran maka kini tidak lagi.

Suatu proses sosial perubahan yang terjadi secara besar-besaran dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu usang sering disebut dengan penemuan atau innovation. Penemuan-penemuan gres sebagai alasannya yaitu terjadinya perubahan-perubahan sanggup dibedakan dalam pengertian-pengertian Discovery dan Invention

Discovery yaitu penemuan unsur kebudayaan gres baik berupa alat ataupun gagasan yang diciptakan oleh seorang individu atau serangkaian ciptaan para individu.

Discovery gres menjadi invention kalau masyarakat sudah mengakui dan menerapkan penemuan gres itu.
a. Pertentangan masyarakat
Pertentangan sanggup terjadi antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok.
b. Terjadinya berontakan atau Revolusiberontak dari para mahasiswa, menurunkan rezim Suharto pada jaman orde baru. Munculah perubahan yang sangat besar pada Negara dimana sistem pemerintahan yang militerisme berkembang menjadi demokrasi pada jaman reformasi. Sistem komunikasi antara birokrat dan rakyat menjadi berubah (menunggu apa yang dikatakan pemimpin berubah sebagai abdi masyarakat).

2. Dari Luar Masyarakat
a. Peperangan
Negara yang menang dalam peperangan niscaya akan menanamkan nilai-nilai sosial dan kebudayaannya.
b. Lingkungan
Terjadinya banjir, gunung meletus, gempa bumi, dll yang menjadikan penduduk di wilayah tersebut harus pindah ke wilayah lain. Jika wilayah gres keadaan alamnya tidak sama dengan wilayah asal mereka, maka mereka harus mengikuti keadaan dengan keadaan di wilayah yang gres guna kelangsungan kehidupannya.
c. Kebudayaan Lain
Masuknya kebudayaan Barat dalam kehidupan masyarakat di Indonesia mengakibatkan terjadinya perubahan.

C. Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Terjadinya Perubahan Sosial
1. Faktor-faktor Pendorong
  • Intensitas hubungan/kontak dengan kebudayaan lain merupakan salah satu proses yang menyangkut hal ini dengan diffusion. Difusi yaitu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu kepada individu lain, dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses tersebut insan bisa untuk menghimpun penemuan-penemuan gres yang telah dihasilkan.Dengan terjadinya difusi,suatu penemuan gres yang telah diterima oleh masyarakatdapat diteruskan dan disebarluaskan pada masyarakat luas hingga umat insan di dunia sanggup menikmati kegunaannya.Proses tersebut merupakan pendorong pertumbuhan suatu kebudayaan dan memperkaya kebudayaan-kebudayaan masyarakat manusia.
  • Tingkat Pendidikan yang maju yang mengajarkan kepada individu aneka kemampuan.Pendidikan memperlihatkan nilai-nilai tertentu bagi manusia,terutama dalam membuka pikirannya serta mendapatkan hal-hal gres dan juga bagaimana berpikir secara ilmiah.Pendidikan mengajarkan insan untuk sanggup berpikir secara objektif,halmana akan memperlihatkan kemampuan untuk menilai apakah kebudayaan masyarakatnya akan sanggup memenuhi kebutuhan-kebutuhan zaman atau tidak.
  • Sikap terbuka dari masyarakat memungkinkan adanya gerak sosial vertikal yang luas atau berarti memberi kesempatan kepada para individu untuk maju atas dasar kemampuan sendiri. Dalam keadaan demikian, seseorang mumgkin akan mengadakan identifikasi dengan warga-warga yang mempunyai status lebih tinggi. Identifikasi merupakan tingkah laris yang sedemikian rupa, sehingga seseorang merasa berkedudukan sama dengan orang atau golongan lain yang dianggap lebih tinggi dengan impian supaya diperlakukan sama dengan golongan tersebut. Identifikasi terjadi di dalam hubungan superordinasi-subordinasi. Pada golongan yang berkedudukan lebih rendah, acapkali terdapat perasaan tidak puas terhadap kedudukan sosial sendiri. Keadaan tersebut dalam sosiologi disebut status-anxiety. Status-anxiety mengakibatkan seseorang berusaha untuk menaikkan kedudukan sosialnya.
  • Penduduk yang heterogen yaitu masyarakat yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda, ras yang berbeda ideologi dan lain-lain mempermudah terjadinya pertentangan-pertentangan yang mengundang kegoncanga-kegoncangan. Keadaan demikian menjadi pendorong bagi terjadinya perubahan-perubahan dalam masyarakat.
  • Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju. Apabila sikap tersebut melembaga dalam masyarakat, maka masyarakat akan merupakan pendorong bagi usaha-usaha penemuan baru. Hadiah Nobel, contohnya merupakan pendorong untuk membuat hasil-hasil karya yang baru. Di Indonesia juga dikenal system penghargaan yang tertentu, walaupun masih dalam arti yang sangat terbatas dan belum merata.
  • Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidamg-bidang kehidupan tertentu. Ketidakpuasan yang berlangsung usang dalam sebuah masyarakat berkemungkinan besar akan mendatangkan revolusi.
  • Nilai-nilai bahwa insan harus senantiasa berikhtiar untuk memperbaiki hidupnya.
2. Faktor-faktor Penghambat Terjadinya Perubahan 
  • Kurangnya hubungan dengan masyarakat luar mengakibatkan sebuah masyarakat tidak mengetahui perkembangan-perkembangan apa yang terjadi pada masyarakat lain yang mungkin akan sanggup memperkaya kebudayaan sendiri. Hal itu juga mengakibatkan bahwa para warga masyarakat terkungkung pola-pola fatwa tradisi. 
  • Perkembangan pendidikan yang lambat yang disebabkan hidup masyarakat tersebut terasing dan tertutup atau mungkin karena usang dijajah oleh masyarakat lain/ bangsa lain.
  • Sikap yang berpengaruh dari masyarakat terhadap tradisi yang dimiliki yaitu suatu sikap yang mengagung-agungkan tradisi dam masa lampau serta anggapan bahwa tradisi secara mutlak tak sanggup diubah,menghambat jalannya proses perubahan. Keadaan tersebut akan menjadi lebih parah apabila masyarakat yang bersangkutan dikuasai oleh golongan konservatif.
  • Rasa takut dari masyarakat jika terjadi kegoyahan pada integrasi kebudayaan. Memang harus diakui kalau mustahil integrasi semua unsur suatu kebudayaan bersifat sempurna. Beberapa perkelompokan unsur-unsur tertentu mempunyai derajat integrasi tinggi. Maksudnya umsur-unsur luar dikhawatirkan akan menggoyahkan integrasi dan mengakibatkan perubahan-perubahan pada aspek-aspek tertentu masyarakat. 
  • Prasangka terhadap hal-hal gres atau abnormal atau sikap yang tertutup. Sikap yang demikian banyak dijumpai pada masyarakat-masyarakat yang pernah dijajah bangsa-bangsa barat. Mereka sangat meragukan sesuatu yang berasal dari barat, karena tidak pernah bias melupakan pengalama-pengalaman pahit selama penjajahan. Kebetulan unsur-unsur gres kebanyakan berasal dari barat, maka prasangkakian besar karena khawatir bahwa melalui unsur-unsur tersebut penjajahan bias masuk lagi.
  • Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya jelek dan mustahil diperbaiki.
D. Dampak Akibat Perubahan Sosial
Dampak dari perubahan sosial meliputi beberapa orientasi, antara lain (1) perubahan dengan orientasi pada upaya meninggalkan faktor-faktor atau unsur-unsur kehidupan sosial yang mesti ditinggalkan atau diubah, (2) perubahan dengan orientasi pada suatu bentuk atau unsur yang memang bentuk atau unsur baru, (3) suatu perubahan yang berorientasi pada bentuk, unsur, atau nilai yang telah eksis atau ada pada masa lampau. Tidaklah jarang suatu masyarakat atau bangsa yang selain berupaya mengadakan proses modernisasi pada aneka macam bidang kehidupan, apakah aspek ekonomis, birokrasi, pertahanan keamanan, dan bidang iptek; namun demikian, tidaklah luput perhatian masyarakat atau bangsa yang bersangkutan untuk berupaya menyelusuri, mengeksplorasi, dan menggali serta menemukan unsur-unsur atau nilai-nilai kepribadian atau jatidirisebagai bangsa yangbermartabat.

Makalah, Pengertian dan Teori Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Dalam memantapkan orientasi suatu proses perubahan, ada beberapa faktor yang memperlihatkan kekuatan pada gerak perubahan tersebut, yang antara lain yaitu sebagai berikut, (1) suatu sikap, baik skala individu maupun skala kelompok, yang bisa menghargai karya pihak lain, tanpa dilihat dari skala besar atau kecilnya produktivitas kerja itu sendiri, (2) adanya kemampuan untuk mentolerir adanya sejumlah penyimpangan dari bentuk-bentuk atau unsur-unsur rutinitas, alasannya yaitu pada hakekatnya salah satu pendorong perubahan adanya individu-individu yang menyimpang dari hal-hal yang rutin. Memang salah satu ciri yang hakiki dari makhluk yang disebut insan itu yaitu sebagai makhluk yang disebut homo deviant, makhluk yang suka menyimpang dari unsur-unsur rutinitas, (3) mengokohkan suatu kebiasaan atau sikap mental yang bisa memperlihatkan penghargaan (reward) kepada pihak lain (individual, kelompok) yang berprestasi dalam berinovasi, baik dalam bidang sosial, ekonomi, dan iptek, (4) adanya atau tersedianya kemudahan dan pelayanan pendidikan dan training yang mempunyai spesifikasi dan kualifikasi progresif, demokratis, dan terbuka bagi semua pihak yang membutuhkannya.

Modernisasi, memperlihatkan suatu proses dari serangkaian upaya untuk menuju atau membuat nilai-nilai (fisik, material dan sosial) yang bersifat atau berkualifikasi universal, rasional, dan fungsional. Lazimnya suka dipertentangkan dengan nilai-nilai tradisi. Modernisasi berasal dari kata modern (maju), modernity (modernitas), yang diartikan sebagai nilai-nilai yang keberlakuan dalam aspek ruang, waktu, dan kelompok sosialnya lebih luas atau universal, itulah spesifikasi nilai atau value. Sedangkan yang lazim dipertentangkan dengan konsep modern yaitu tradisi, yang berarti barang sesuatu yang diperoleh seseorang atau kelompok melalui proses pewarisan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Umumnya tradisi meliputi sejumlah norma (norms) yang keberlakuannya tergantung pada ruang (tempat), waktu, dan kelompok (masyarakat) tertentu. Artinya keberlakuannya terbatas, tidak bersifat universal menyerupai yang berlaku bagi nilai-nilai atau value. Sebagai teladan atau kasus, seyogianya insan mengenakkan pakaian, ini merupakan atau termasuk kualifikasi nilai (value). Semua pihak cenderung mengakui dan menganut nilai atau value ini. Namun, pakaian model apa yang harus dikenakan itu? Perkara model pakaian yang disukai, yang disenangi, yang biasa dikenakan, itulah yang menjadi urusan norma-norma yang dari tempat ke tempat, dari waktu ke waktu, dan dari kelompok ke kelompok akan lebih cenderung beraneka ragam.

Spesifikasi norma-norma dan tradisi bila dilihat atas dasar proses modernisasi yaitu sebagai berikut;
  • ada norma-norma yang bersumber dari tradisi itu, boleh dikatakan sebagai penghambat kemajuan atau proses modernisasi,
  • ada pula sejumlah norma atau tradisi yang mempunyai potensi untuk dikembangkan, disempurnakan, dilakukan pencerahan, atau dimodifikasi sehingga aman dalam menghadapi proses modernisasi,
  • ada pula yang betul-betul mempunyai konsistensi dan relevansi dengan nilai-nilai baru. 
Dalam kaitannya dengan modernisasi masyarakat dengan nilai-nilai tradisi ini, maka ditampilkan spesifikasi atau kualifikasi masyarakat modern, yaitu bahwa masyarakat atau orang yang tergolong modern (maju) yaitu mereka yang terbebas dari kepercayaan terhadap tahyul.Konsep modernisasi dipakai untuk menamakan serangkaian perubahan yang terjadi pada seluruh aspek kehidupan masyarakat tradisional sebagai suatu upaya mewujudkan masyarakat yang bersangkutan menjadi suatu masyarakat industrial. Modernisasi memperlihatkan suatu perkembangan dari struktur sistem sosial, suatu bentuk perubahan yang berkelanjutan pada aspek-aspek kehidupan ekonomi, politik, pendidikan, tradisi dan kepercayaan dari suatu masyarakat, atau satuan sosial tertentu.

Modernisasi suatu kelompok satuan sosial atau masyarakat, menampilkan suatu pengertian yang berkenaan dengan bentuk upaya untuk membuat kehidupan masyarakat yang sadar dan aman terhadap tuntutan dari tatanan kehidupan yang semakin meng-global pada ketika kini dan mendatang. Diharapkan dari proses menduniakan seseorang atau masyarakat yang bersangkutan, manakala dihadapkan pada arus globalisasi tatanan kehidupan manusia, suatu masyarakat tertentu (misalnya masyarakat Indonesia) tidaklah sekedar memperlihatkan suatu fenomena kebengongan semata, tetapi diperlukan bisa merespons, melibatkan diri dan memanfaatkannya secara signifikan bagi eksistensi bagi dirinya, sesamanya, dan lingkungan sekitarnya. Adapun spesifikasi sikap mental seseorang atau kelompok yang aman untuk mengadopsi dan mengadaptasi proses modernisasi adalah;
  1. nilai budaya atau sikap mental yang senantiasa berorientasi ke masa depan dan dengan cermat mencoba merencanakan masa depannya,
  2. nilai budaya atau sikap mental yang senantiasa berhasrat mengeksplorasi dan mengeksploitasi potensi-potensi sumber daya alam, dan terbuka bagi pengembangan penemuan bidang iptek. Dalam hal ini, memang iptek bisa dibeli, dipinjam dan diambil alih dari iptek produk asing, namun dalam penerapannya memerlukan proses pembiasaan yang sering lebih rumit daripada menyebarkan iptek baru,
  3. nilai budaya atau sikap mental yang siap menilai tinggi suatu prestasi dan tidak menilai tinggi status sosial, karena status ini seringkali dijadikan suatu predikat yang bernuansa gengsi pribadi yang sifat normatif, sedangkan penilai obyektif hanya bisa didasarkan pada konsep menyerupai apa yang dikemukakan oleh D.C. Mc Clelland (Koentjaraningrat, 1985), yaitu achievement-oriented,
  4. nilai budaya atau sikap mental yang bersedia menilai tinggi perjuangan pihak lain yang bisa meraih prestasi atas kerja kerasnya sendiri.
Tanpa harus suatu masyarakat berubah menyerupai orang Barat, dan tanpa harus bergaya hidup menyerupai orang Barat, namun unsur-unsur iptek Barat tidak ada salahnya untuk ditiru, diambil alih, diadopsi, diadaptasi, dipinjam, bahkan dibeli. Manakala persyaratan ini telah dipenuhi dan keempat nilai budaya atau sikap mental yang telah ditampilkan telah dimiliki oleh suatu masyarakat tersebut. Khusus untuk masyarakat di Indonesia, sejarah masa lampau mengajarkan bahwa sistem ekonomi, politik, dan kebudayaan dari kerajaan-kerajaan besar di Asia menyerupai India dan Cina, yang diadopsi dan disesuaikan oleh kerajaan-kerajaan di Nusantara ini, menyerupai Sriwijaya dan Majapahit, namun fakta sejarah tidak menunjukan bahwa orang-orang Sriwijaya dan Majapahit, dalam pengadopsian dan pengadaptasian nilai-nilai kebudayaan tadi sekaligus menjadi orang India atau Cina.

Proses modernisasi hingga ketika ini masih tampak dimonopoli oleh masyarakat perkotaan (urban community), terutama di kota-kota Negara Sedang Berkembang, menyerupai halnya di Indonesia. Kota-kota di negara-negara sedang berkembang menjadi pusat-pusat modernisasi yang diaktualisasikan oleh aneka macam bentuk aktivitas pembangunan, baik aspek fisik-material, sosio-kultural, maupun aspek mental-spiritual. Kecenderungan-kecenderungan menyerupai ini, menjadikan tempat perkotaan sebagai tempat yang banyak menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi penduduk pedesaan, terutama bagi generasi mudanya. Obsesi semacam ini menjadi pendorong berpengaruh bagi penduduk pedesaan untuk beramai-ramai membanjiri dan memadati setiap sudut tempat perkotaan, dalam suatu proses sosial yang disebut urbanisasi. Fenomena demografis menyerupai ini, selanjutnya menjadi salah satu sumber permasalahan bagi kebijakan-kebijakan dalam upaya penataan ruang dan kehidupan masyarakat perkotaan. Sampai dengan ketika kini ini persoalan perkotaan ini masih memperlihatkan gelagat yang semakin ruwet dan kompleks.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan maka kesimpulan yang sanggup dipaparkan dalam makalah ini yaitu :
  1. Perubahan sosial sanggup diartikan sebagai segala perubahan pada lembaga-lembaga sosial dalam suatu masyarakat. Perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial itu selanjutnya mempunyai pengaruhnya pada sistem-sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, pola-pola sikap ataupun sikap-sikap dalam masyarakat itu yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial.
  2. Proses perubahan sosial terdiri dari tiga tahap barurutan : (1) invensi yaitu proses di mana ide-ide gres diciptakan dan dikembangkan, (2) difusi, ialah proses dimana ide-ide gres itu dikomunikasikan ke dalam Sistem sosial, dan (3) konsekwensi yakni perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem social sebagai akhir pengadopsian atau penolakan inovasi.
  3. Perubahan sosial selalu menimbulkan perubahan dalam masyarakat, salah satunya yaitu globalisasi yang menimbulkan aneka macam dampak baik positif maupun negatif dari sisi positif contohnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sanggup dinikmati seluruh kelompok sosial masyarakat.
B. Saran
Perubahan sosial dalam masyarakat tidak sanggup dibatasi oleh ruang dan waktu, olehnya itu kita sebagai potongan dari kelompok sosial harus berusaha mengendalikan perubahan itu ke arah yang positif supaya budaya yang terbentuk dari perubahan sosial sanggup memperlihatkan manfaat bagi kelangsungan hidup insan yang adil dan makmur.

DAFTAR PUSTAKA;
  • Selo Soemardjan dan Soeaeman Soemardi (ed). Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1974.
  • Selo Soemardjan. “Perkembangan Ilmu Sosiologi di Indonesia dari 1945 hingga 1965” Research di Indonesia 1945-1965. Jilid IV. Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya.
  • Soerjono Soekanto dari Heri Tjandrasari. J.S. Roucek. Pengendalian Sosial. Jakarta: Rajawali, 1986.
  • Soerjono Soekanto dan Winarno Yudho. Georg Simmel. Beberapa Teori Sosiologis. Jakarta: Rajawali 1986.
  • Soerjono Soekanto. Teori Sosiologi Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.
  • Moore E Wilbert. Sosial Change. Viking Press, New York 1987.
  • Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali, 1989.
  • Koentjaraningrat. Pengantar Antropologi. Jakarta: Penerbit Universitas, 1965.
  • Wibert E. Moore, “Sociale Verandering”, dalam Social Change, diterjemahkan oleh A. Basoki, Prisma Boeken. Utrecht, Antwepen, 1965 halaman 10
  • Soerjono Soekanto. Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali, 1989, halaman 303 dan seterusnya.
  • Selo Soemardjan“Perkembangan Ilmu Sosiologi di Indonesia dari 1945 hingga 1965” Research di Indonesia 1945-1965. Jilid IV. Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya,halaman 26,29.
  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, op.cit., halaman 489, Mac Iver dan Page dalam bukunya Society, an introductory analysis, menyebutkan lingkungan alam fisik, faktor teknologi dan faktor kebudayaan sebagai penyebab perubahan-perubahan, halaman 509, 531, 542, 547.
  • Ralph Linto, The Study of Man, Appelton Century Crofts Inc, New York, 1936.
  • Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi, cetakan kedua, Penerbit Universitas, Jakarta, 1965, halaman 135 dan seterusnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel