Pengertian Hisab

Hisab Pada Hari Pembalasan
Segala puji hanya untuk Allah Shubahanhu wa ta’alla Ta'ala, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam beserta keluarga dan seluruh sahabatnya. Beriman kepada hari Akhir dan insiden yang ada padanya merupakan salah satu rukun keyakinan yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Untuk mencapai kesempurnaan keyakinan terhadap hari Akhir, maka semestinya setiap muslim mengetahui insiden dan tahapan yang akan dilalui insan pada hari tersebut. Di antaranya yaitu persoalan hisab (perhitungan) yang merupakan maksud dari keyakinan kepada hari Akhir. Karena, pengertian dari beriman kepada hari kebangkitan adalah, beriman dengan hari kembalinya insan kepada Allah Ta’alla kemudian dihisab. Sehingga hakikat keyakinan kepada hari kebangkitan yaitu keyakinan kepada hisab ini.

Pengertian Hisab
Pengertian hisab disini adalah, insiden dimana Allah Shubahanhu wa ta’alla menampakkan kepada insan amalan mereka di dunia dan menetapkannya. Atau Dia mengingatkan dan memberitahukan kepada insan wacana amalan kebaikan dan keburukan yang telah mereka lakukan. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menyatakan, Allah Shubahanhu wa ta’allaTa’alla akan menghisab seluruh makhluk dan berkhalwat kepada seorang mukmin, kemudian memutuskan dosa-dosanya.Syaikh Shalih Ali Syaikh mengomentari pandangan ini dengan menyatakan, bahwa inilah makna al muhasabah (proses hisab).Demikian juga Syaikh Ibnu Utsaimin menyatakan, muhasabah yaitu proses insan melihat amalan mereka pada hari Kiamat.

Hisab berdasarkan istilah aqidah mempunyai dua pengertian. 
Pertama. Al ‘Aradh (penampakan dosa dan pengakuan), mempunyai dua pengertian.
  1. Pengertian umum, yaitu seluruh makhluk ditampakkan di hadapan Allah Shubahanhu wa ta’alladalam keadaan menampakkan lembaran amalan mereka. Ini meliputi orang yang dimunaqasyah hisabnya dan yang tidak dihisab.
  2. Pemaparan amalan maksiat kaum Mukminin kepada mereka, penetapannya, merahasiakan (tidak dibuka dihadapan orang lain) dan pengampunan Allah Shubahanhu wa ta’allaTa’alla atasnya. Hisab demikian ini dinamakan hisab yang ringan (hisab yasir).
Kedua. Munaqasyah (diperiksa secara sungguh-sungguh) dan inilah yang dinamakan hisab (perhitungan) antara kebaikan dan keburukan.

Untuk itulah Syaikhul Islam menyatakan, hisab, sanggup dimaksudkan sebagai perhitungan antara amal kebajikan dan amal keburukan, dan di dalamnya terkandung pengertian munaqasyah. Juga dimaksukan dengan pengertian pemaparan dan pemberitahuan amalan terhadap pelakunya. Rasulullah Shalallah Shubahanhu wa ta’allau ‘alaihi wa sallam menyatakan di dalam sabdanya:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مَنْ حُوسِبَ عُذِّبَ قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ أَوَلَيْسَ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا قَالَتْ فَقَالَ إِنَّمَا ذَلِكِ الْعَرْضُ وَلَكِنْ مَنْ نُوقِشَ الْحِسَابَ يَهْلِكْ » [ متفق عليه ]
“Barangsiapa yang dihisab, maka ia tersiksa”. Aisyah bertanya,”Bukankah Allah Shubahanhu wa ta’allaTa’alla telah berfirman ‘maka ia akan diperiksa dengan investigasi yang mudah” Maka Rasulullah ShalAllah Shubahanhu wa ta’allau ‘alaihi wa sallam menjawab: “Hal itu yaitu al ‘aradh. Namun barangsiapa yang dimunaqasyah hisabnya, maka ia akan binasa”. [Muttafaqun ‘alaihi].


Hisab Pasti Ada
Kepastian adanya hisab ini telah dijelaskan di dalam al Qur`an dan Sunnah. Firman Allah Shubahanhu wa ta’alla Subhanahu wa Ta’ala :
قال الله تعالى: ﴿فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ ٧ فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا﴾ [الانشقاق: 8-7] 
Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka ia akan diperiksa dengan investigasi yang mudah, [al Insyiqaq / 84 : 7-8].

قال الله تعالى: ﴿وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ وَرَاءَ ظَهْرِهِ ١٠ فَسَوْفَ يَدْعُو ثُبُورًا ١١ وَيَصْلَىٰ سَعِيرًا﴾ [الانشقاق: 12-10] 
Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak: “Celakalah aku”. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). [al Insyiqaq / 84:10-12].

قال الله تعالى: ﴿إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ ٢٥ ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ﴾ [الغاشية: 26-25] 
Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, kemudian bahwasanya kewajiban Kami-lah menghisab mereka. [al Ghasyiyah / 88 : 25-26].

قال الله تعالى: ﴿  ٱلۡيَوۡمَ تُجۡزَىٰ كُلُّ نَفۡسِۢ بِمَاكَسَبَتۡۚ لَاظُلۡمَ ٱلۡيَوۡمَۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلۡحِسَابِ﴾ [المؤمن:١٧] 
Pada hari ini, tiap-tiap jiwa diberi jawaban dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah Shubahanhu wa ta’alla amat cepat hisabnya. [al Mu’min / 40 : 17].

Sedangkan dalil dari Sunnah Rasulullah ShalAllah Shubahanhu wa ta’allau ‘alaihi wa sallam, di antaranya hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Aisyah, dari Rasulullah Shalallah Shubahanhu wa ta’allau ‘alaihi wa sallam, dia berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «لَيْسَ أَحَدٌ يُحَاسَبُ إِلَّا هَلَكَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَيْسَ اللَّهُ يَقُولُ حِسَابًا يَسِيرًا قَالَ ذَاكِ الْعَرْضُ وَلَكِنْ مَنْ نُوقِشَ الْحِسَابَ هَلَكَ» [رواه مسلم]
“Tidak ada seorangpun yang dihisab kecuali binasa,” Aku (Aisyah) bertanya,”Wahai Rasulullah, bukankah Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman ‘pemeriksaan yang mudah’?” Beliau menjawab,”Itu yaitu al aradh, namun barangsiapa yang diperiksa hisabnya, maka binasa”.

Imam Ibnu Abil Izz (wafat tahun 792 H) menjelaskan, makna hadits ini adalah, seandainya Allah Shubahanhu wa ta’alla menyidik dengan menghitung amal kebajikan dan keburukan dalam hisab hamba -Nya, tentulah akan mengadzab mereka dalam keadaan tidak menzhalimi mereka sedikitpun, namun Allah Shubahanhu wa ta’allamemaafkan dan mengampuninya.

Demikian juga umat Islam, setuju atas hal ini.Sehingga apabila seseorang mengingkari hisab, maka ia telah berbuat kufur, dan pelakunya sama dengan pengingkar hari kebangkitan.

Hisab Manusia dan Jin 
Syaikhul Islam menyatakan: “Allah Shubahanhu wa ta’alla akan menghisab seluruh makhluk -Nya”.

Dari pernyataan ini, Syaikhul Islam menjelaskan, bahwa Allah Shubahanhu wa ta’alla akan menghisab seluruh makhluk -Nya. Namun ini termasuk memakai lafahz bermakna umum tapi yang dimaksudkan yaitu tertentu saja. Yaitu khusus yang Allah Shubahanhu wa ta’alla bebani syariat. Karena pemberlakuan proses hisab itu pada amalan baik dan buruk hamba yang mukallaf, meliputi insan dan jin. Begitu pula Syaikh Ibnu ‘Utsaimin menyatakan, bahwa hisab ini juga meliputi jin, lantaran mereka mukallaf. Oleh lantaran itu, jin kafir masuk ke dalam neraka, sebagaimana disebutkan berdasarkan nash syariat dan Ijma’. Firman Allah Shubahanhu wa ta’alla menyebutkan :
قال الله تعالى: ﴿قَالَ ٱدۡخُلُواْفِيٓ أُمَمٖقَدۡ خَلَتۡ مِن قَبۡلِكُم مِّنَٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِ فِي ٱلنَّارِ﴾ [الأعراف: ٣٨] 
Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman: "Masuklah kau sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan insan yang telah terdahulu sebelum kamu… [al-A’raaf/ 7:38]

Yang mukmin masuk syurga, berdasarkan dominan ulama dan ini yang benar sebagaimana ditunjukkan oleh firman Allah Shubahanhu wa ta’alla: Dan bagi orang yang takut ketika menghadap Rabb-nya ada dua surga. Maka nikmat Rabb kau yang manakah yang kau dustakan. Kedua nirwana itu mempunyai pohon-pohon dan buah-buahan. Maka nikmat Rabb kau yang manakah yang kau dustakan? Di dalam kedua nirwana itu ada dua buah mata air yang mengalir. Maka nikmat Rabb kau yang manakah yang kau dustakan? Di dalam kedua nirwana itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasang-pasangan. Maka nikmat Rabb kau yang manakah yang kau dustakan? Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua nirwana itu sanggup (dipetik) dari dekat. Maka nikmat Rabb kau yang manakah yang kau dustakan? Di dalam Surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh insan sebelum mereka (penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. [ar Rahman / 55 : 46 – 56].

Dikecualikan dalam hal ini, yaitu mereka yang masuk nirwana tanpa hisab maupun adzab. Begitu pula dengan binatang yang tidak mempunyai pahala dan dosa. 

Adapun orang kafir, apakah dihisab ataukah tidak? Dalam permasalahan ini, para ulama berselisih pendapat. Di antara mereka ada yang beropini bahwa orang kafir tidak dihisab. Sedangkan sebagian lainnya menyatakan mereka dihisab. 
Syaikhul Islam mendudukkan permasalahan ini dengan pernyataan dia rahimahullah : “Pemutus perbedaan (dalam persoalan ini), yaitu hisab sanggup dimaksudkan dengan pengertian pemaparan dan pemberitahuan amalan mereka, serta celaan terhadap mereka. Dapat (juga) dimaksudkan dengan pengertian perhitungan antara amal kebajikan dengan amal keburukan. Apabila yang diinginkan dengan kata "hisab" yaitu pengertian pertama, maka terperinci mereka dihisab. Namun bila dengan pengertian kedua, maka bila dimaksudkan bahwa orang kafir tetap mempunyai kebajikan yang menjadikannya pantas masuk surga, maka (pendapat demikian) ini terperinci keliru. Tetapi bila yang dimaksudkan mereka mempunyai tingkatan-tingkatan dalam (menerima) adzab, maka orang yang banyak dosa kesalahannya, adzabnya lebih besar dari orang yang sedikit dosa kesalahannya, dan orang yang mempunyai kebajikan, maka diringankan adzabnya, sebagaimana Abu Thalib lebih ringan adzabnya dari Abu Lahab. Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman:
قال الله تعالى: ﴿ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ وَصَدُّواْ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ زِدۡنَٰهُمۡ عَذَابٗا
فَوۡقَ ٱلۡعَذَابِ بِمَا كَانُواْ يُفۡسِدُونَ
  ﴾ [النحل: ٨٨] 
Orang-orang yang kafir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah Shubahanhu wa ta’alla, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan. [an Nahl / 16:88].

قال الله تعالى: ﴿إِنَّمَاٱلنَّسِيٓءُ زِيَادَةٞ فِي ٱلۡكُفۡرِۖ ﴾ [التوبة: ٣٧] 
Sesungguhnya mengundur-undur bulan haram itu yaitu menambah kekafiran. [at Taubah / 9:37].

Apabila adzab sebagian orang kafir lebih keras dari sebagian lainnya -karena banyaknya dosa dan sedikitnya amal kebaikan- maka hisab dilakukan untuk menjelaskan tingkatan adzab, bukan untuk masuk syurga.

Dengan klarifikasi Syaikhul Islam tersebut, maka hisab di atas, maksudnya yaitu dalam pengertian menghitung, menulis dan memaparkan amalan-amalan kepada mereka, bukan dalam pengertian penetapan kebaikan yang bermanfaat bagi mereka pada hari Kiamat untuk ditimbang melawan amalan keburukan mereka.Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman


قال الله تعالى: ﴿ أُوْلَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ بِ‍َٔايَٰتِ رَبِّهِمۡ وَلِقَآئِهِۦ فَحَبِطَتۡ أَعۡمَٰلُهُمۡ فَلَانُقِيمُلَهُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِوَزۡنٗا ﴾ [الكهف: ١٠٥] 
Mereka itu orang-orang yang kufur terhadap ayat-ayat Rabb mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan -Dia, maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak mengadakan suatu evaluasi bagi (amalan) mereka pada hari Kiamat. [al Kahfi / 18 : 105].

Amalan Orang Kafir di Dunia
Amalan kebaikan yang dilakukan orang kafir di dunia terbagi menjadi dua. Pertama, yang disyaratkan padanya Islam dan niat. Amalan-amalan ini tidak diterima dan tidak bermanfaat baginya di dunia dan akhirat. Kedua, amalan yang tidak disyaratkan Islam padanya, menyerupai keluhuran budi pekerti, menunda penagihan hutang bagi yang tidak bisa membayar dan lain-lainnya. Amalan-amalan ini akan diberi alhasil di dunia.

Syaikh Kholil Haras menyatakan: “Yang benar adalah, semua amalan kebaikan yang dilakukan orang kafir hanya dibalas di dunia saja. Hingga bila tiba hari Kiamat, ia akan mendapati lembaran kebaikannya kosong”. Demikian ini, lantaran Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman:
قال الله تعالى: ﴿وَقَدِمۡنَآ إِلَىٰ مَاعَمِلُواْمِنۡ عَمَلٖ فَجَعَلۡنَٰهُ هَبَآءٗمَّنثُورًا﴾ [الفرقان: ٢٣] 
Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, kemudian Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan. [al Furqaan/ 25 : 23].

قال الله تعالى: ﴿مَّثَلُ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْبِرَبِّهِمۡۖ أَعۡمَٰلُهُمۡ كَرَمَادٍٱشۡتَدَّتۡ بِهِ ٱلرِّيحُ فِي يَوۡمٍ عَاصِفٖۖ لَّايَقۡدِرُونَ مِمَّاكَسَبُواْعَلَىٰ شَيۡءٖۚذَٰلِكَ هُوَ ٱلضَّلَٰلُ ٱلۡبَعِيدُ﴾ [ابراهيم: ١٨] 
Orang-orang yang kafir kepada Rabb-nya, amalan-amalan mereka yaitu menyerupai debu yang ditiup angin dengan keras pada suatu hari yang berangin kencang. Mereka tidak sanggup mengambil manfaat sedikitpun dari apa yang telah mereka usahakan (di dunia). Yang demikian itu yaitu kesesatan yang jauh. [Ibrahim / 14 : 18].

Ada pendapat lain yang menyatakan amalan kebaikan mereka di dunia sanggup meringankan adzab mereka. Menurut pendapat ini, amalan kebaikan yang tidak disyaratkan Islam padanya, pada hari Kiamat akan mendapat jawaban untuk menutupi kezhalimannya terhadap orang lain. Apabila antara kezhalimannya seimbang dengan amalan tersebut, maka ia hanya diadzab disebabkan oleh kekufurannya saja. Namun, bila orang kafir ini tidak mempunyai amal kebaikan di dunia, maka ditambahkan adzabnya yang disebabkan kekufurannya


Cara Hisab
Hisab ini dilakukan dalam satu waktu, dan Allah Shubahanhu wa ta’alla sendiri yang akan melakukannya, sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda dia :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مَا مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا سَيُكَلِّمُهُ رَبُّهُ لَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ تُرْجُمَانٌ فَيَنْظُرُ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلَا يَرَى إِلَّا مَا قَدَّمَ مِنْ عَمَلِهِ وَيَنْظُرُ أَشْأَمَ مِنْهُ فَلَا يَرَى إِلَّا مَا قَدَّمَ وَيَنْظُرُ بَيْنَ يَدَيْهِ فَلَا يَرَى إِلَّا النَّارَ تِلْقَاءَ وَجْهِهِ فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ » [رواه مسلم]
Tidak ada seorangpun dari kalian kecuali akan diajak bicara Rabb-nya tanpa ada penterjemah antara dia dengan Rabb-nya. Lalu ia melihat ke sebelah kanan, hanya melihat amalan yang pernah dilakukannya; dan ia melihat kekiri, hanya melihat amalan yang pernah dilakukannya. Lalu melihat ke depan, kemudian hanya melihat neraka ada di hadapannya.

Kemudian diberikan kitab yang telah ditulis malaikat supaya dibaca dan diketahui oleh setiap orang. Firman Allah Shubahanahu wa ta’alla menyebutkan :

قال الله تعالى: ﴿وَوُضِعَ ٱلۡكِتَٰبُ فَتَرَى ٱلۡمُجۡرِمِينَ مُشۡفِقِينَ مِمَّافِيهِ وَيَقُولُونَ يَٰوَيۡلَتَنَا مَا لهذا ٱلۡكِتَٰبِ لَايُغَادِرُ صَغِيرَةٗ وَلَا كَبِيرَةً إِلَّآ أَحۡصَىٰهَاۚ وَوَجَدُواْماعَمِلُواْ حَاضِرٗاۗ وَلَايَظۡلِمُ رَبُّكَ أَحَدٗا  ﴾ [الكهف: ٤٩] 
Dan diletakkanlah kitab, kemudian kau akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami. Kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya?” Dan mereka mendapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Rabb-mu tidak menganiaya seorang juapun. [al Kahfi / 18 : 49].

Allah Shubahanhu wa ta’alla memang menulis semua amalan hamba -Nya, yang baik maupun yang buruk, sebagaimana firman -Nya:

قال الله تعالى: ﴿فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ ﴿٧﴾وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ﴾ [الزلزلة:8-7] 
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, pasti dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, pasti dia akan melihat (balasan)nya pula. [al Zalzalah / 99:7-8].

Related:

    قال الله تعالى: ﴿يَوۡمَ يَبۡعَثُهُمُ ٱللَّهُ جَمِيعٗافَيُنَبِّئُهُم بِمَاعَمِلُوٓاْۚ أَحۡصَىٰهُ ٱللَّهُ وَنَسُوهُۚ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ شَهِيدٌ﴾ [المجادلة: ٦] 
    Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah Shubahanhu wa ta’alla semuanya, kemudian diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah Shubahanhu wa ta’alla mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Shubahanhu wa ta’alla Maha Menyaksikan segala sesuatu. [al Mujaadilah / 58 : 6].

    Sehingga seluruh pelaku perbuatan melihat amalannya dan tidak sanggup mengingkarinya, lantaran bumi menceritakan semua amalan mereka. Begitu pula seluruh anggota badan pun berbicara wacana perbuatan yang telah ia lakukan. Dijelaskan dalam firman Allah Shubahanhu wa ta’alla :

    قال الله تعالى: ﴿إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا ١ وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا ٢ وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا﴾ [الزلزلة:1-4
    Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan insan bertanya: “Mengapa bumi (jadi begini),” pada hari itu bumi menceritakan beritanya, [al Zalzalah / 99 : 1-4].

    قال الله تعالى: ﴿ٱلۡيَوۡم َنَخۡتِمُ عَلَىٰٓ أَفۡوَٰهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَآ أَيۡدِيهِمۡ وَتَشۡهَدُأَرۡجُلُهُم بِمَاكَانُواْيَكۡسِبُونَ﴾ [يس:٦٥] 

    Pada hari ini Kami tutup verbal mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. [Yaasin / 36:65]

    Cara Hisab Seorang Mukmin dan Kafir
    Allah Shubahanhu wa ta’alla yang Maha Pengasih dan Maha Lembut tidak menghisab kaum Mukminin dengan munaqasyah, namun mencukupkan dengan al aradh. -Dia hanya memaparkan dan menjelaskan semua amalan tersebut di hadapan mereka, dan Dia merahasiakannya, tidak ada orang lain yang melihatnya, kemudian Allah Shubahanhu wa ta’alla berseru : “Telah Aku rahasiakan hal itu di dunia, dan kini Aku ampuni semuanya”.
    Demikian dijelaskan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Ibnu ‘Umar, dia berkata :

    قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ يُدْنِي الْمُؤْمِنَ فَيَضَعُ عَلَيْهِ كَنَفَهُ وَيَسْتُرُهُ فَيَقُولُ أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا فَيَقُولُ نَعَمْ أَيْ رَبِّ حَتَّى إِذَا قَرَّرَهُ بِذُنُوبِهِ وَرَأَى فِي نَفْسِهِ أَنَّهُ هَلَكَ قَالَ سَتَرْتُهَا عَلَيْكَ فِي الدُّنْيَا وَأَنَا أَغْفِرُهَا لَكَ الْيَوْمَ فَيُعْطَى كِتَابَ حَسَنَاتِهِ وَأَمَّا الْكَافِرُ وَالْمُنَافِقُونَ فَيَقُولُ الْأَشْهَادُ هَؤُلَاءِ الَّذِينَ كَذَبُوا عَلَى رَبِّهِمْ أَلَا لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ » [رواه البخاري]
    Aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah Shubahanhu wa ta’alla mendekati seorang mukmin, kemudian meletakkan padanya sitar dan menutupinya (dari pandangan orang lain), kemudian (Allah Shubahanhu wa ta’alla ) berseru : ‘Tahukah engkau dosa ini? Tahukah engkau dosa itu?’ Mukmin tersebut menjawab,’Ya, wahai Rabb-ku,’ hingga bila selesai meyampaikan semua dosa-dosanya dan mukmin tersebut melihat dirinya telah binasa, Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman,’Aku telah rahasiakan (menutupi) dosa itu di dunia, dan Aku kini mengampunimu,’ kemudian ia diberi kitab kebaikannya. Sedangkan orang kafir dan munafik, maka Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman : ‘Orang-orang inilah yang telah berdusta terhadap Rabb mereka’. Ingatlah, kutukan Allah Shubahanhu wa ta’alla (ditimpakan) atas orang-orang yang zhalim”. [HR al Bukhari].

    Adapun orang-orang kafir, mereka akan dipanggil di hadapan semua makhluk. Kepada mereka disampaikan semua nikmat Allah Shubahanhu wa ta’alla, kemudian akan dipersaksikan amalan kejelekan mereka disana. Dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


    (( فَيَلْقَى الْعَبْدَ فَيَقُولُ أَيْ فُلْ أَلَمْ أُكْرِمْكَ وَأُسَوِّدْكَ وَأُزَوِّجْكَ وَأُسَخِّرْ لَكَ الْخَيْلَ وَالْإِبِلَ وَأَذَرْكَ تَرْأَسُ وَتَرْبَعُ فَيَقُولُ بَلَى قَالَ فَيَقُولُ أَفَظَنَنْتَ أَنَّكَ مُلَاقِيَّ فَيَقُولُ لَا فَيَقُولُ فَإِنِّي أَنْسَاكَ كَمَا نَسِيتَنِي ثُمَّ يَلْقَى الثَّانِيَ فَيَقُولُ أَيْ فُلْ أَلَمْ أُكْرِمْكَ وَأُسَوِّدْكَ وَأُزَوِّجْكَ وَأُسَخِّرْ لَكَ الْخَيْلَ وَالْإِبِلَ وَأَذَرْكَ تَرْأَسُ وَتَرْبَعُ فَيَقُولُ بَلَى أَيْ رَبِّ فَيَقُولُ أَفَظَنَنْتَ أَنَّكَ مُلَاقِيَّ فَيَقُولُ لَا فَيَقُولُ فَإِنِّي أَنْسَاكَ كَمَا نَسِيتَنِي ثُمَّ يَلْقَى الثَّالِثَ فَيَقُولُ لَهُ مِثْلَ ذَلِكَ فَيَقُولُ يَا رَبِّ آمَنْتُ بِكَ وَبِكِتَابِكَ وَبِرُسُلِكَ وَصَلَّيْتُ وَصُمْتُ وَتَصَدَّقْتُ وَيُثْنِي بِخَيْرٍ مَا اسْتَطَاعَ فَيَقُولُ هَاهُنَا إِذًا قَالَ ثُمَّ يُقَالُ لَهُ الْآنَ نَبْعَثُ شَاهِدَنَا عَلَيْكَ وَيَتَفَكَّرُ فِي نَفْسِهِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْهَدُ عَلَيَّ فَيُخْتَمُ عَلَى فِيهِ وَيُقَالُ لِفَخِذِهِ وَلَحْمِهِ وَعِظَامِهِ انْطِقِي فَتَنْطِقُ فَخِذُهُ وَلَحْمُهُ وَعِظَامُهُ بِعَمَلِهِ وَذَلِكَ لِيُعْذِرَ مِنْ نَفْسِهِ وَذَلِكَ الْمُنَافِقُ وَذَلِكَ الَّذِي يَسْخَطُ اللَّهُ عَلَيْهِ )) [رواه مسلم] 

    Lalu Allah Shubahanhu wa ta’alla menemui hamba -Nya dan berkata : “Wahai Fulan! Bukankah Aku telah memuliakanmu, menimbulkan engkau sebagai pemimpin, menikahkanmu dan menundukkan untukmu kuda dan onta, serta memudahkanmu memimpin dan mempunyai harta banyak?" Maka ia menjawab: “Benar”. Allah Shubahanhu wa ta’alla berkata lagi: “Apakah engkau telah meyakini akan menjumpai -Ku?” Maka ia menjawab: “Tidak,” maka Allah Shubahanhu wa ta’alla berfirman: “Aku biarkan engkau sebagaimana engkau telah melupakan -Ku”. Kemudian (Allah Shubahanhu wa ta’alla) menemui orang yang ketiga dan memberikan menyerupai yang disampaikan di atas. Lalu ia (orang itu) menjawab: "Wahai Rabbku! Aku telah beriman kepada -Mu, kepada kitab suci -Mu dan rasul-rasul -Mu. Juga saya telah shalat, bershadaqah," dan ia memuji dengan kebaikan semampunya. Allah Shubahanhu wa ta’alla menjawab: "Kalau begitu, kini (pembuktiannya)," kemudian dikatakan kepadanya: "Sekarang Kami akan membawa para saksi atasmu," dan orang tersebut berfikir siapa yang akan bersaksi atasku. Lalu mulutnya dikunci dan dikatakan kepada paha, daging dan tulangnya: "Bicaralah!" Lalu paha, daging dan tulangnya bercerita wacana amalannya, dan itu untuk menghilangkan udzur dari dirinya. Itulah nasib munafik dan orang yang Allah Shubahanhu wa ta’alla murkai. [HR Muslim].

    Demikianlah keadaan tiga jenis manusia. Yang pertama seorang mukmin, ia mendapatkan ampunan dan kemuliaan Allah Shubahanhu wa ta’alla. Yang kedua seorang yang kafir dan ketiga orang munafik. Keduanya mendapat laknat dan kemurkaan Allah Shubahanhu wa ta’alla

    Oleh lantaran itu, bersiaplah menghadapinya dengan mempersiapkan bekal ilmu yang bermanfaat dan amal shalih yang cukup, memperbanyak mengingat hari perhitungan ini dan melihat kepada amalan yang telah kita perbuat. Mudah-mudahan Allah Shubahanhu wa ta’alla memperlihatkan taufiq kepada kita untuk memperbanyak bekal, yang nantinya dengan bekal tersebut kita menghadap sang pencipta dan mendapat keridhaan -Nya. 

    Washallahu ‘ala Nabiyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’in.

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel