Pengertian Dantujuan Administrasi Mutu Pendidikan
Friday, May 8, 2020
Edit
Pengertian Manajemen Mutu Pendidikan
Secara umum, mutu yaitu citra dan karakteristik menyeluruh dari barangatau jasa yang menawarkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yangdiharapkan atau yang tersirat.Selanjutnya mutu atau kualitas, bahwasanya telahmenjadi penggalan dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hingga kini baik di duniaindustri barang atau industri jasa, belum ada definisi yang sama perihal kualitas.
Goetsch dan Davis (Lesley Mauro dan Malclom (2002: 6), mengibaratkan bahwakualitas itu mirip istilah pornografi, yaitu sulit didefinisikan tetapi fenomenanya atau tanda-tandanya sanggup dilihat dan dirasakan dalam kehidupan nyata. Selanjutnyamenurut Goetsch dan David (2000: 47) menyebutkan definisi kualitas yang diterimasecara umum menyangkut elemen-elemen berikut:
- Mempertemukan impian pelanggan (customer)
- Menyangkut aspek produk, servis, orang, proses dan lingkungan.
- Kriteria yang selalu berkembang yang berarti bahwa sebuah produk kini berkualitas, tetapi di lain waktu mungkin tidak lagi berkualitas
Makara kualitas merupakan sesuatu yang dinamis yang selalu diasosiasikan dengan produk, servis, orang, proses dan lingkungan. Prinsipnya bahwa kesepakatan yang harusdibangun dalam setiap diri kualitas yaitu pemahaman bahwa:
- Kualitas merupakan kunci ke arah jadwal yang berhasil. Kurang perhatianterhadap kualitas akan mengakibatkan kegagalan dalam jangka panjang.
- Perbaikan-perbaikan kualitas menuntut kesepakatan administrasi sepenuhnyauntuk sanggup berhasil.
- Perbaikan kualitas yaitu kerja keras. Tidak ada jalan pintas atau perbaikancepat. Menuntut perbaikan budaya bagi organisasi secara keseluruhan.
- Perbaikan kualitas menuntut banyak pelatihan.
- Perbaikan kualitas menuntut keterlibatan semua karyawan secara aktif dankomitmen mutlak dari semua manajemen
Konsep kualitas dalam pengelolaan forum pendidikan seharusnya benar-benartanggap dan konsisten terhadap kualitas, baik kualitas administrasi yang dilihat dari proses maupun kualitas kegiatan-kegiatan pendidikan dan produk pelayanan jasa pendidikan. Manajemen mutu pendidikan sanggup dinyatakan sebagai karakteristik yangharus dipelihara secara kontinu guna memenuhi kebutuhan dan kemauan pelangganatau masyarakat.
Tujuan Manajemen Mutu Pendidikan
Penerapan konsep administrasi mutu dalam pendidikan mempunyai beberapa tujuan.Tujuan dari administrasi mutu pendidikan yaitu sebagai berikut:
- Untuk memelihara dan meningkatkan kualitas secara berkelanjutan(sustainable) yang dijalankan secara sistemik untuk memenuhi kebutuhanstakeholders. Pencapaian ini membutuhkan sebuah administrasi yang efektifagar tujuan tersebut lumayan bagi para pelanggan atau masyarakat. Karena itu forum pendidikan harus mengambil tugas aktifmewujudkan keinginan stakeholders.
- Memperoleh masukan semoga konsep administrasi ini sanggup diimplementasikandengan gampang dan sesuai dengan kondisi lingkungan Indonesia yang memilikikeragaman kultul, sosial ekonomi masyarakat dan kompleksitas geografis.
- Menggalang kesadaran bahwa peningkatan mutu administrasi merupakantanggung jawab semua komponen masyarakat, dengan fokus peningkatanmutu yang berkelanjutan pada tataran forum pendidikan
Membangun administrasi mutu pendidikan harus menjadi jadwal dan kerja nyatauntuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan visi dan misi baru. Di lingkunganlembaga pendidikan, konsep administrasi mutu pendidikan secara sederhana dapatdilihat dari perolehan angka hasil ujian atau bagaimana alumni forum pendidikantersebut sanggup mengaplikasikan perolehan ilmu pengetahuannya dalam kehidupansehari-hari dalam masyarakat. Atau dengan kata lain mereka sanggup dipercayamenggambarkan derajat perubahan tingkah laris atau penguasaan kemampuannyameliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
SUMBER;
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta.Dewantoro, Ki Hajar. 1962.
Bagian Pertama: Pendidikan. Jogjakarta : Taman Siswa.Edward Sallis. 2006.
Total Quality Management In Education (alih Bahasa AhmadAli Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoDEti
Rochaety,dkk.2005 .Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan. Jakarta : bumiAksara.
23
merupakan tim independen yang melaksanakan dan melaksanakan audit mutu secara berkala.
Daftar Pustaka
Darmadi, Hamid. 2007.
Dasar Konsep Pendidikan Moral
. Bandung : Alfabeta.Dewantoro, Ki Hajar. 1962.
Bagian Pertama: Pendidikan
. Jogjakarta : Taman Siswa.Edward Sallis. 2006.
Total Quality Management In Education
(alih Bahasa AhmadAli Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoDEti Rochaety,dkk.2005 .
Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan
. Jakarta : bumiAksaraIndra Djati Sidi.2003.
Menuju Masyarakat Belajar
. Jakarta : LogosIsmaun. 2007.
Filsafat Administrasi Pendidikan
. Bandung: Universitas Pendidikan.Lalu Sumayang.2003.
Manajemen produksi dan Operasi
. Jakarta : Salemba EmpatTim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia..1991.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
. Jakarta :Balai Pustaka