Pengertian Model Pembelajaran, Pengertian Model Pembelajaran Berdasarkan Para Andal , Teknik Metode Pendekatan Taktik Model

Pengertian Model Pembelajaran
Istilah model pembelajaran sangat akrab dengan pengertian seni administrasi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan metode pembelajaran. Istilah model pembelajaran memiliki makna yang lebih luas daripada suatu strategi, metode, dan teknik. Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian makna tersebut meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi bidang ekonomi, sosial, pendidikan.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut para ahli 
Menurut Ruseffendi (1980), istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik didefinisikan sebagai berikut : 

1. Strategi pembelajaran ialah separangkat budi yang terpilih, yang telah dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau seni administrasi tersebut, yaitu : 
a. Pemilihan materi pelajaran ( guru atau siswa ) 
b. Penyaji materi pelajaran ( perorangan atau kelompok, atau berguru mandiri 
c. Cara menyajikan materi pelajaran ( induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non formal ) 
d. Sasaran akseptor materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen, atau homogen). 

2. Pendekatan Pembelajaran ialah jalan atau arah yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau deduktif. 

3. Metode Pembelajaran ialah cara mengajar secara umum yang sanggup diterapkan pada semua mata pelajaran, contohnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, inovasi terbimbing dan sebagainya. 

4. Teknik mengajar ialah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang telah diadaptasi dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang. 

Sedangkan Model Pembelajaran ialah sebagai suatu desain yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri siswa. 

Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian seni administrasi (1) ilmu dan seni memakai sumber daya bangsa untuk melaksanakan budi tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana yang cermat mengenai aktivitas untuk mencapai target khusus. Soedjadi (1999 :101) menyebutkan seni administrasi pembelajaran ialah suatu siasat melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk sanggup mengubah keadaan itu sanggup ditempuh dengan banyak sekali pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan sanggup dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode sanggup dipakai lebih dari satu teknik. Secara sederhana sanggup dirunut sebagai rangkaian

teknik metode pendekatan seni administrasi model 
Istilah “ model pembelajaran” berbeda dengan seni administrasi pembelajaran, metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran mencakup suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya. 

Lebih lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran memiliki empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh seni administrasi atau metode tertentu yaitu : 

1. Rasional Teoritik yang logis disusun oleh perancangnya, 
2. Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai, 
3. Tingkah Laku mengajar yang diharapkan biar model tersebut sanggup dilaksanakan secara berhasil dan 
4. Lingkungan berguru yang diharapkan biar tujuan pembelajaran itu sanggup tercapai. 

Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah Model Pembelajaran.Jadi, model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga selesai yang disajikan secara khas oleh guru. 

Model Pembelajaran berdasarkan Bruce Joys dan Marsha Weil terdiri dari empat kelompok yaitu : 
1. Model Interkasi Sosial 
2. Model Pengolahan Informasi 
3. Model Personal – humanistik dan 
4. Model modifikasi tingkah laku

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel