Pengertian Taktik Pembelajaran Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Dan Fungsi Model Pembelajaran
Monday, March 23, 2020
Edit
Pengertian Strategi pembelajaran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian strategi (1) ilmu dan seni memakai sumber daya bangsa untuk melaksanakan akal tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai target khusus. Soedjadi (1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk sanggup mengubah keadaan itu sanggup ditempuh dengan banyak sekali pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan sanggup dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode sanggup dipakai lebih dari satu teknik. Secara sederhana sanggup dirunut sebagai rangkaian :
teknik metode pendekatan strategi model'
Istilah “ model pembelajaran” berbeda dengan seni administrasi pembelajaran, metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran mencakup suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya.
Lebih lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh seni administrasi atau metode tertentu yaitu :
1. Rasional Teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
2. Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai,
3. Tingkah Laku mengajar yang dibutuhkan biar model tersebut sanggup dilaksanakan secara berhasil dan
4. Lingkungan belajar yang dibutuhkan biar tujuan pembelajaran itu sanggup tercapai.
Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah Model Pembelajaran.Jadi, model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga final yang disajikan secara khas oleh guru.
Model Pembelajaran berdasarkan Bruce Joys dan Marsha Weil terdiri dari empat kelompok yaitu :
1. Model Interkasi Sosial
2. Model Pengolahan Informasi
3. Model Personal – humanistik dan
4. Model modifikasi tingkah laku
Fungsi Model Pembelajaran
Seluruh acara pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru bermuara pada terjadinya proses berguru siswa. Dalam hal ini model – model pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan guru hendaknya sanggup mendorong siswa untuk berguru dengan mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal. Model – model pembelajaran dikembangkan utamanya beranjak dari adanya perbedaan berkaitan dengan banyak sekali karakteristik siswa. Karena siswa mempunyai banyak sekali karakteristik kepribadian, kebiasaan – kebiasaan, modalitas berguru yang bervariasi antara individu satu dengan yang lain, maka model pembelajaran guru juga harus selayaknya tidak terpaku hanya pada model tertentu, akan tetapi harus bervariasi.
Penggunaan model pembelajaran yang sempurna sanggup mendorong tumbuhnya rasa bahagia siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dalam mengerjakan tugas, memperlihatkan fasilitas bagi siswa untuk memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil berguru yang lebih baik.